SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar Geografi Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto

Ellen Magdalena

Abstrak


ABSTRAK

 

Magdalena, Ellen. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Geografi Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata Kunci: model Numbered Heads Together, hasil belajar

 

Berdasarkan hasil observasi awal pada bulan September 2013 di kelas XI IPS-1 SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto diketahui nilai hasil belajarnya rendah yaitu kurang dari SKM yang ditentukan ≥ 75. Hal tersebut dilihat dari hasil nilai Ulangan Harian siswa kelas XI IPS-1 yang mendapatkan nilai di atas 75 sebanyak 9 siswa dan 17 siswa lainnya mendapatkan nilai di bawah 75. Selain itu, sebagian besar kegiatan belajar mengajar (KBM) masih didominasi oleh guru atau dapat dikatakan guru aktif, sedangkan siswa hanya duduk, mendengarkan, mencatat bahkan ada sebagian siswa yang diam dengan keadaan mengantuk sehingga siswa terlihat kurang aktif belajar.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yang meliputi perencanaan kegiatan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan melalui tes setiap akhir siklus dan observasi yang berpedoman pada lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model Numbered Heads Together(NHT). Penelitian dilakukan di kelas XI IPS-1 SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, pada materi jenis-jenis sumber daya alam dan persebarannya.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat pada siklus I, terlihat dari jumlah siswa yang tuntas yaitu meningkat menjadi 16 siswa dibandingkan dengan data awal, akan tetapi masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki. Dengan adanya perbaikan dari hasil refleksi siklus I, hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan terlihat dari data jumlah siswa yang tuntas pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa dengan ketuntasan klasikal 88,4 yang artinya ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus II sudah mencapai 80% dan dapat dikatakan memenuhi target.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS-1 SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto, dalam materi sumber daya alam baik secara individu ataupun klasikal. Adapun yang perlu diperhatikan dalam penerapan model pembelajaran iniyakni pengelolaan kelas dan manajemen waktu yang baik agar semua tahapandapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.