SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan ModelPembelajaran Think Talk Write untukMeningkatkanHasilBelajarPada Mata PelajaranGeografiSiswaKelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 TumpangKabupaten Malang

Harits Fahmiarsyad

Abstrak


Berdasarkanobservasiterhadap proses pembelajaran yang dilakukanpadabulanAgustus-Oktobertahun 2013 di SMA Negeri 1 Tumpangdiketahuibahwa guru masihmenggunakanmetodepembelajaran yang sifatnyamasihmemusatpada guruyaituceramahdandilanjutkandenganmengerjakan LKS. Kondisitersebutmenyebabkan proses pembelajarankurangbervariasi. Dampaknyasiswamenjadibosandanakhirnyahasilbelajar yang diperolehsiswabelummaksimal, nilai rata-rata UTS sebesar 58,55 danulanganharianpadamateriBiosfersebesar 71,2 danmateriAntroposfersebesar 60,77 denganKKM untukmatapelajarangeografiadalah 75. Untukmengatasipermasalahantersebutmakadilakukanpenelitiandenganmenerapkan model pembelajaranThink Talk Write yang bertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpangdalammatapelajarangeografi.

PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasyang terdiridariduasiklus.Setiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Penelitiandilaksanakan di kelas XI-IPS 1 denganjumlahsiswasebanyak 36.Dalampenelitianini data yang diperolehberupahasilbelajarsiswa.Instrumen yang digunakanyaitusoaltes, hasilobservasi, dandokumentasi.

Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaadapeningkatanhasilbelajargeografisiswakelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 TumpangKabupaten Malang. Rata-rata nilaisebelumtindakanadalah 53,47 mengalamipeningkatanpadasiklus 1 menjadi71,38 danmeningkatlagipadasiklus II menjadi80,83. Ketuntasanhasilbelajarsecaraklasikaljugamengalamipeningkatan.Ketuntasanbelajarklasikalsebelumtindakanadalahsebesar22,22%meningkatpadasiklus I menjadi 52,77% danmeningkatlagipadasiklus II menjadi 86,11%.Dari hasilpenelitianinidisarankan: (1) Perlusikap yang tegasdalampengelolaankelasterutamadalammengatasisiswa yang ramaisehinggapelaksanaanpembelajarandapatberjalanbaikdan lancer, (2) guru harusmemberikanpenjelasan yang rincitentangtahapan model pembelajaran agar siswatidakbingungdanbanyakbertanyasaatpelaksanaantindakan, (3) dalam menerapkan model pembelajaran ThinkTalk Write diperlukan organisasi dan manajemenwaktutepat terutama pada setiap tahapan, agar penerapan model pembelajaran dapat berjalan secara maksimal, (4)Guru harus bisa mengondisikan siswa untuk berdiskusi pada saat tahap talk berlangsung.