SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Malang

Alif Nurfaiza

Abstrak


ABSTRAK

Nurfaiza, Alif. 2006. Penerapan Pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Sukamto, SH, M.Pd, M.Si (II) Drs. Yusuf Suharto

 

Kata kunci: PBMP, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir

 

Berdasarkan kurikulum 2004 (KBK), kemampuan berpikir merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa. Sekolah seharusnya mengajar siswa untuk berpikir agar kemampuan menalarnya dapat berkembang baik, sehingga dapat memahami konsep dengan baik, tidak harus menghafalnya. Salah satu pola pembelajaran yang berdasarkan pembelajaran berpusat pada siswa "student centered" dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir serta hasil belajar siswa adalah pola pembelajaran PBMP (Pemberdayaan berpikir Melalui Pertanyaan). Berdasarkan hasil observasi awal di lapangan enunjukkan bahwa siswa SMPN 4 Malang pada proses pembelajaran cenderung pasif dan banyak menerima inforasi dari guru tanpa ada pemberdayaan berpikirya.penelitian ini dilakukan di SMPN Malang yang bertjuan untuk meningkatkan memampuan berpikir dan hasil belajar siswa.

Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2006/2007. Waktu pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 31 Juli sampai dengan 2 Oktober 2006. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, siklus I pembelajaran dilakukan menggunakan PBMP dengan metode Tanya jawab. Sedangkan siklus II pembelajaran dilakukan menggunakan pola PBMP dengan metode yang berbeda yaitu diskusi kelompok. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F dengan jumlah siswa dalam kelas adalah 43 siswa, terdiri dari 17 putra dan 26 putri.

Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pola PBMP ini mampu meningkatkan kemamuan berpikir dan hasil belajar siswa. Temuan siklus II menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan PBMP dengan metode diskusi kelompok mampu meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir siswa yang ditandai dari adanya pertanyaan siswa yang memiliki tingkatan sintesis dan evaluasi, selain itu jawaban siswa telah banyak yang benar dan memiliki gramatika yang baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 32,75 (153,86%) dari kemampuan awal siswa. Hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 10,52 (14,72%) dari siklus I. Begitu pula kemampuan berpikir siswa dari hasil tes mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 20,72 (114,45%) dari kemampuan awal. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan kembali sebanyak 17,13 (44,14%).

Berdasarkan temuan ini maka kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran geografi melalui pola PBMP mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk menggunakan media yang tepat dan sesuai sebagai pendukung dalam proses pembelajaran, agar pola PBMP dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, guru harus terampil dalam mengelola kelas dan memotivasi siswa.

 


Teks Penuh: DOC PDF