SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Materi Geografi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Malang

rya dwy puspytasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Proses pembentukan kompetensi dikatakan efektif apabila seluruh siswa terlibat secara aktif baik mental, fisik, maupun sosial. Pada pendekatan pembelajaran kontekstual, membantu guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Salah satu strategi pembelajaran yang berasosiasi dengan pembelajaran kontekstual adalah Group Investigation (GI). Menulis karya ilmiah (makalah) dilakukan melalui proses berpikir kritis dan analitis. Pada tahapan GI mengkondisikan siswa untuk aktif berpikir, menganalisis, dan berbuat, sehingga mampu mengasah kemampuan siswa dalam menulis karya ilmiah.

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model Group Investigation (GI) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah materi geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasi (quasi experimen), dilaksanakan pada bulan Januari 2014 dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan diterapkan model Group Investigation (GI) yang berjumlah 26 siswa  dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Instrumen, menggunakan rubrik penilaian untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis karya ilmiah (makalah). Data dianalisis menggunakan statistik parametrik uji-t kemudian melihat rata-rata nilai yang lebih tinggi guna mengetahui ada tidaknya pengaruh model Group Investigation (GI) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah.

Hasil analisis uji-t dengan taraf kepercayaan atau signifikansi 95% menunjukkan hasil 0,000 < 0,05. Rata-rata nilai kemampuan menulis karya ilmiah kelas eksperimen 80,19 sedangkan kelas kontrol 64,89. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi sehingga H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini bahwa model pembelajaran GI berpengaruh terhadap kemampuan menulis karya ilmiah materi geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang.

Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI)  sebagai alternatif model untuk digunakan dalam pembelajaran geografi. Pihak sekolah disarankan dapat berperan sebagai penggerak dan fasilitator bagi guru untuk menggunakan model GI. Bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti model GI disarankan agar menerapkan model tersebut pada kompetensi dasar lain yang sesuai dan menggunakan variabel lain, seperti motivas, sikap, dan minat belajar.