SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Tumpang.

Rika Hajizah Purba

Abstrak


ABSTRAK

 

Purba, Rika Hajizah. 2014.Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Tumpang. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd

 

Kata kunci:Teams Games Tournament, Minat belajar, Hasil belajar

Refleksi awal terhadap pembelajaran Geografi di kelas XI IPS 4 SMAN 1 Tumpang, teridentifikasi masalah pembelajaran, yakni:1) siswa tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, 2)siswa menggambar sendiri ketika pembelajaran berlangsung, 3) siswa berbicara dengan teman sebangku tidak memperhatikan pelajaran, 4) siswa tertidur di dalam kelas, 5) siswa izin keluar masuk kelas, 6) siswa kurang aktif menjawab pertanyaan guru. Dari serangkaian masalah tersebut, yang menjadi akar masalah adalah guru menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. Berdasarkan akar masalah, maka dilakukan perbaikan pembelajaran dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Tumpang”.

Penelitian Tindakan Kelas inibertujuan: 1) meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran Geografi pada topik Sumber Daya Alam, 2) meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Geografi pada topik Sumber Daya Alam.

 

Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)yang dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu tahapperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Minat belajar siswa dihitung dari rata-rata skor secara klasikal, yaitu pada siklus I sebesar 83 menjadi 93,38. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar siswa dihitung dari jumlah siswa yang mampu mencapai SKM. Pada siklus I jumlah siswa yang mampu mencapai SKM sebanyak 20 siswa, dan meningkat pada siklus II menjadi 29 siswa. Dari hasil penelitian terjadipeningkatanminat dan hasil belajar GeografisetelahditerapkanmodelpembelajaranTeams Games Tournament (TGT).

Penelitian Tindakan Kelas ini menghasilkan 2 saran terkait dengan manajemen waktu dan pengelolaan kelas, yaitu: 1) pengelolaan waktu yang tepat terutama pada tiap tahapan, agar penerapan model ini bisa berjalan lancar, 2) perlu adanya pengelolaan kelas yang lebih baik, sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.