SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

TINGKAT KESEJAHTERAAN PEKERJA INDUSTRI ASAL DESA PANDEAN DI KAWASAN PIER KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PASURUAN

Rokhila .

Abstrak


ABSTRAK

 

Rokhila, 2014. Tingkat Kesejahteraan Pekerja Industri Asal Desa Pandean di Kawasan PIER Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)  Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si, (II) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si.

 

Kata Kunci: Tingkat Kesejahteraan, Pekerja Industri , Kawasan Industri PIER

Dunia perindustrian merupakan salah satu pencipta lapangan kerja yang potensial bagi penyerapan tenaga kerja. Selain itu keberadaan kawasan industri dapat memberikan peluang bagi penduduk setempat dalam hal kesempatan kerja, yaitu sebagai pekerja industri PIER khususnya penduduk Desa Pandean Kecamatan Rembang. Penduduk Desa Pandean  merupakan penduduk yang mempunyai hubungan timbal balik dengan kawasan industri PIER. Keberadaan kawasan industri PIER diharapkan dapat mengingkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan penduduk setempat.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pekerja industri asal Desa Pandean di kawasan PIER meliputi; tingkat pendidikan, lama kerja, curahan/jam kerja, umur, jarak, asuransi kesehatan, dan pendapatan. Selain itu juga untuk mendekripsikan tingkat kesejahteraan pekerja industri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga penduduk pekerja industri berjumlah 283 kepala keluarga. Sampel yang diambil sebanyak 65 responden, dengan cara teknik proporsional random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis tabulasi tunggal untuk memperoleh gambaran umum setiap kondisi yang diteliti berdasarkan variabel yang diteliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik pekerja industri asal Desa Pandean meliputi; tingkat pendidikan SD, lama kerja 12-17 tahun, curahan/jam kerja 8 jam/hari, jarak rumah dengan tempat bekerja 0,5-1 Km2, mendapatkan asuransi kesehatan, dan pendapatan Rp 2.100.000

Rp 3.000.000/bulan. (2) Tingkat kesejahteraan pekerja industri tergolong dalam Keluarga Sejahtera II  45 responden (69%), tergolong dalam Keluarga Sejahtera III 17 responden (26%), dan tergolong dalam Keluarga Sejahtera III plus 3 responden (5%).