SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X IPA SMA N 1 BULULAWANG

RINA TRISHAYATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Trishayati, Rina. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) TerhadapMotivasidan HasilBelajarSiswapada Mata PelajaranGeografiSiswaKelas X IPA SMA N 1 Bululawang. Skripsi,ProgamStudiPendidikan Geografi, Jurusan Geografi,FakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang. Pembimbing:(I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si

 

Kata kunci :Course Review Horay, motivasi belajar, hasil belajar.

Salah satu model pembelajarankooperatif yang dapatmeningkatkanmotivasiyaitu model pembelajaranCourse Review Horay (CRH). Model pembelajaranCourse Review Horay (CRH) diberikankepadasiswadiharapkan agar motivasibelajarsiswadapatmeningkatkarenasiswa yang memilikimotivasibelajartinggidapatdilihat melaluikarakteristiktingkahlakunya yang menyangkutminat, perhatian, relevansi, percayadiridankepuasan yang padaakhirnyadapat meningkatkan motivasi belajar siswa, karena motivasi merupakan dasar dalam proses pembelajaran yang akan berimbas pada hasil belajar siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar geografi siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Bululawang antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru (ceramah).

Penelitian ini dilaksanakan di SMANegeri 1 Bululawang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimendengan menggunakan desain non equivalent (pretestdanpost test) control-group design.Subjekpenelitianterdiridariduakelompok, terdiri ataskelompokeksperimenkelas X IPA 3 dankelompokcontrol kelas X IPA 1. Data diperoleh melalui penyebaran angket untuk mengukur motivasi yang di cross cheks dengan lembar observasi motivasi belajar siswa, pemberian pre test dan post test digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang diuji dalam penelitian ini yaitu gain score motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Bululawang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dan rata-rata skor motivasi serta hasil belajar geografi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Penelitian ini mengahasilkan dua saran terkait dengan perencanaan dan penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH): (1) saran agar guru melakukan perencanaan yang matang dan dapat mengendalikan kelas dengan baik, (2) saran bagi peneliti berikutnya agar bisa menyempurnakan penelitian ini, yaitu dengan melakukan penelitian yang subjeknya benar-benar memiliki kemampuan akademik rendahdengan melakukan penelitian di sekolah yang siswanya benar-benar memiliki kemampuan akademik dan motivasi yang rendah.