SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Quantum Teaching dengan rancangan TANDUR untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014 SMAN 4 Sampang

RIKA SYARI .

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran geografi di kelas XI IPS 2 SMAN 4 Sampang masih menggunakan metode ceramah. Pembelajaran searah seperti ini tentu saja fungsi dan peranan guru menjadi dominan dan siswa hanya menyimak serta mendengarkan informasi yang diberikan guru. Fungsi guru yang dominan membuat pembelajaran menjadi pasif dan searah, memandang siswa sebagai obyek sehingga siswa kurang mampu mengembangkan potensinya. Beberapa metode dan model belajar dipercaya dapat memecahkan masalah motivasi belajar ini.

Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran Quantum Teaching dalam pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 2  SMAN 4 Sampang pada semester 1.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang dilasksanakan secara siklik dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah meliputi : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan menunjukkan pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 89, 3% dan motivasi pada siklus II sebesar 96,4% ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi sebesar 7,1%. Adanya peningkatan mengindikasikan keberhasilan penelitian tindakan kelas yang dilakukan.

Penelitian ini menghasilkan 2 rekomendasi terkait dengan pelaksanaan tindakan. yaitu 1) guru mata pelajaran geografi untuk menggunakan quantum teaching  dengan rancangan tandur untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan 2) koordinasi  dan manajemen waktu harus dirancang sedemikian rupa agar keterlaksanaan quantum teaching bisa berjalan sebagaimana seharusnya.