SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi pada Mata Pelajaran Geografi

NUR APRILIA KURNIATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniati, Nur Aprilia. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach Amirudin, M.Pd (II) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd

 

Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, Motivasi Belajar

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa motivasi siswa kelas XI IPS 3 pada saat pra-tindakan sebesar 66.82%. dengan tiap indikator sebagai berikut attention sebesar 66.57% dengan taraf keberhasilan baik, relevance sebesar 65.33% dengan taraf keberhasilan cukup, convidence sebesar 69.64% dengan taraf keberhasilan baik, dan satisfaction sebesar 65.36% dengan taraf keberhasilan cukup. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar  siswa dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament  pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Gondanglegi tahun ajaran 2013/2014.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 sebanyak 30 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Games Tournament. Instrumen yang digunakan berupa angket, lembar observasi dan catatan lapangan.

Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa meningkat dengan sangat baik. Motivasi belajar siswa mampu meningkat sebesar 4.73%, yaitu dari 66.82% pada saat pra-tindakan dan 71.55% pada saat siklus I sedangkan pada siklus II motivasi meningkat sebesar 6.28% yaitu dari 71.55% pada saat siklus I dan 77.83% pada saat siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun saran yang dapat diajukan yaitu: (1) guru disarankan menggunakan model pembelajaran TGT, (2) guru perlu mengaitkan materi geografi dengan kehidupan sehari- hari, (3) guru perlu membagikan daftar kelompok diskusi dan kelompok turnamen sebelum pelaksanaan pembelajaran, (4) guru perlu menekankan pentingnya kerjasama tim, (5) guru perlu memberlakukan aturan diskualifikasi pada pelaksanaan turnamen, (6) guru perlu melakukan pengaturan waktu yang baik, (7) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian mengenai penerapan TGT.