SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan Media Video terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lawang

BERLIT SEPTIANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Septiana, Berlit. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan Media Video terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, SH, M.pd, M.Si, (II) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Talking Stick, Media Video, Motivasi Belajar

 

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor pendorong dari keberhasilan proses kegiatan pembelajaran. Media video dapat digunakan untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipadukan dengan media video adalah model pembelajaran Talking Stick. Kelebihan model Talking Stick dengan menggunakan media video dapat menguji kesiapan siswa dalam proses pembelajaran, membuat siswa lebih tertarik dengan diputarkan video, melatih siswa untuk mengungkapkan gagasan , dan menjadikan siswa termotivasi dan giat belajar. Sehingga, model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan media video mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan video terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lawang.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Post-test Only Control Group Design. Subjek yang digunakan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa angket motivasi untuk posttest, yang diberikan kepada siswa setelah pemberian perlakuan. Pengujian instrumen melalui teknik uji validitas dan reliabiltas. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji t tidak berpasangan (Independent Sample t-Test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan media video berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi SMA. Hal tersebut terlihat dari rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki rata-rata 78,00, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 70,20. Hasil analisis uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang singnifikan dari penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan media video terhadap motivasi belajar.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi pihak sekolah untuk memberikan informasi dan pelatihan model-model pembelajaran. Bagi guru geografi disarankan untuk dapat membuat perencanaan yang baik dan matang pada pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan media video serta dapat mengendalikan kelas dengan baik. Bagi peneliti lanjutan yang berminat melakukan penelitian sejenis disarankan untuk dapat menyempurnakan penelitian ini dengan menggunakan variabel yang berbeda dan membuat instrumen serta media yang lebih baik.