SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Minat Menjadi Guru dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

Monika Dyah Retno Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Monika Dyah Retno. 2013. Hubungan Antara Minat Menjadi Guru dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Prodi S1 Pendidikan Geografi FIS UM. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si., (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata Kunci : minat menjadi guru, motivasi berprestasi, prestasi belajar

 

Dewasa ini banyak masyarakat Indonesia yang harus pergi ke luar negeri untuk mencari rejeki. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kualitas SDM yang dimiliki bangsa Indonesia masih rendah. Oleh sebab itu, diperlukan pendidikan yang bermutu tinggi  untuk menciptakan SDM yang handal dan berkualitas. Berbicara mengenai pendidikan, peran dari seorang tenaga pendidik sangatlah penting. Seorang tenaga pendidik dituntut untuk selalu menambah pengetahuan dan keterampilan agar tidak ketinggalan jaman. Harapannya, lulusan mahasiswa dari Universitas Negeri Malang mampu meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan yang kondusif bagi berkembangnya kemampuan intelektual, emosional, sosial, dan religius secara terpadu.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah ada hubungan antara minat menjadi guru dengan prestasi belajar mahasiswa (2) mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar mahasiswa dan (3) mengetahui apakah ada hubungan antara minat menjadi guru dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional yang menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 57 mahasiswa yang diambil dari angkatan 2010 Prodi S1 Pendidikan Geografi FIS UM. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment pearson dan analisis regresi berganda. Seluruh pengujian dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 16 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat menjadi guru tidak memiliki hubungan dengan prestasi belajar mahasiswa, motivasi berprestasi memiliki hubungan dengan prestasi belajar mahasiswa, sedangkan minat menjadi guru dan motivasi berprestasi memiliki hubungan dengan prestasi belajar mahasiswa. Tidak adanya hubungan antara minat menjadi guru dengan prestasi belajar dapat dikarenakan pemilihan penjurusan yang tidak sesuai dengan minat masing-masing mahasiswa.

Dari hasil penelitian ini, disarankan untuk mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Geografi FIS UM, hendaknya senantiasa menambah wawasannya agar motivasi berprestasinya semakin meningkat. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang sejenis, hendaknya menggunakan variabel lain agar penelitian-penelitian tersebut akan saling melengkapi, sehingga pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan secara komprehensif (menyeluruh).