SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 LAWANG

Nusa Bella Arifani

Abstrak


ABSTRAK

Arifani, Nusa Bella. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI-IPS2 SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd. (II) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif model Numbered Heads Together, keaktifan belajar, hasil belajar.

Pada hasil observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 19 September 2013 di kelas XI-IPS2 SMA Negeri 1 Lawang diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah atau masih banyak yang tidak memenuhi SKM yang ditentukan ≥76. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil Ulangan Harian (UH) siswa kelas XI-IPS2 siswa yang memenuhi SKM atau yang mendapat nilai diatas 76 sebanyak 9 siswa dari 34 siswa dan yang lainnya mendapatkan nilai di bawah SKM. Selain itu, pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru dapat dilihat bahwa guru yang lebih aktif dari pada siswanya. Keantusiasan siswa dalam menerima materi sangat rendah terbukti disaat proses pembelajaran berlangsung terlihat masih banyak siswa yang melakukan aktifitas diluar konteks pembelajaran. Disini terlihat juga bahwa keaktifan siswa cendrung rendah, dalam penelitian ini keaktifan siswa dibatasi pada empat aspek, yaitu dalam hal bertanya, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat dan bekerja kelompok.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan beberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yang meliputi perncanaan kegiatan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes setiap ahir siklus dan observasi yang berpedoman pada lembar observasi keaktifan siswa dan keterlaksanaan pembelajaran guru  model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Lawang kelas XI-IPS2 dengan jumlah 34 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan setelah diterapkan model Numbered Heads Together (NHT) ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat dibandingkan dengan data awal, tetapi masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dari refleksi ahir siklus I dan perbaikan itu dilakukan pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan klasikal hasil belajar maupun ketuntasan klasikal keaktifan siswa mengalami peningkatan dan telah mencapai target yang ditentukan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Lawang. Penerapan model pembelajaran tersebut dapat diterapkan dengan memperhatikan pengeloaan kelas yang baik dan pengaturan manajemen waktu yang tepat dengan tujuan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapannya.