SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI MA Miftakhul Huda Kepanjen Malang

Inggita Rina Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Inggita Rina. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi  Siswa Kelas XI MA Miftakhul Huda Kepanjen Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si, (II) Drs. Hadi Soekamto SH, M.Pd, M.Si

 

Kata kunci : pembelajaran berdasarkan masalah, hasil belajar geografi

 

Observasi awal diketahui bahwa metode pembelajaran Geografi yang dilakukan di MA Miftahul Huda Kepanjen Malang adalah ceramah, pemberian tugas, dan kerja kelompok. Metode yang digunakan masih kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa cenderung hanya menerima apa yang diberikan oleh guru. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hal itu terlihat dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 41,66% dan rata-rata kelasnya sebesar 70,95. Jumlah ketuntasan belajar siswa itu kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) untuk mata pelajaran Geografi sebesar > 75 dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar > 85%. Hasil belajar tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM), karena model ini bertujuan agar siswa memiliki kecakapan untuk berinkuiri dan memecahkan masalah, mampu berpikir tingkat tinggi dalam mengambil keputusan dengan berbagai solusi, dan mampu belajar secara mandiri sehingga hasil belajarnya juga meningkat.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS semester genap tahun ajaran 2012-2013 MA Mifathul Huda Kepanjen Malang yang berjumlah 24 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2013. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, catatan lapangan, laporan hasil diskusi, dan soal tes. Teknik pengumpulan data melalui tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 70,95 pada siklus 1 meningkat menjadi 75,96 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82,5. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar 41%, siklus 1 sebesar 58%, dan pada siklus 2 menjadi 87,5%.

Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran PBM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS MA Miftahul Huda Kepanjen Malang dalam pembelajaran Geografi. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: (1) Model pembelajaran PBM sebaiknya digunakan oleh guru bidang studi geografi sebagai salah satu variasi dari model dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) hendaknya dapat digunakan oleh peneliti yang lain untuk melaksanakan penelitian yang serupa pada materi dan sekolah yang berbeda sehingga dapat dijadikan pembanding bagi penelitian sebelumnya, (3) Model pembelajaran PBM sebaiknya dilaksanakan secarateam teaching untuk memudahkan dan memaksimalkan pengamatan kegiatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung.