SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Validitas Materi Pembelajaran IPS-Geografi dalam Buku Teks dan Database Software G-Eureka

Lailatul Fitriah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriah, Lailatul. 2013. Perbandingan Validitas Materi Pembelajaran IPS-Geografi dalam Buku Teks dan Database Software G-Eureka.Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dr. Budijanto, M. Sos.,(II)Drs. Hadi Sukamto, S.H., M.Pd.

 

Kata Kunci: validitas, buku teks, software G-Eureka

 

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini membandingkan validitas dua produk teknologi pembelajaran, yaitu urgensi ketersediaan bahan ajar yang berkualitas. Tingkat kebutuhan terhadap bahan ajar yang relatif tinggi tidak ditunjang dengan kualitas yang baik. Indikasi kualitas yang rendah ditunjukkan dengan ”terabaikannya” beberapa kaidah, antara lain: kebakuan bahasa, aktualitas data ataupun fakta, serta validitas konsep.

Penelitian ini difokuskan untuk menganalisis validitas materi Perubahan Muka Bumi pada buku IPS-Geografi SMP kelas VII yang diterbitkan oleh Esis (2013) dan materi Relief Bumi yang terdapat dalam database software ”G-Eureka yang dikembangkan oleh Wardoyo(2013). Materi pembelajaran pada kedua produk tersebutsesuai dengan muatan kurikulum tahun 2013, meskipun hanya terbatas pada aspek pengetahuan (Kompetensi Inti 3) dan penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 3). Ditinjau dari relevansi itu penelitian ini bertujuan untuk membandingkan validitas kedua bahan ajar tersebut ditinjau dari aspek isi dan kebahasaan.

Metode penelitian menggunakan analisis isi. Kegiatan penelitian terdiri dari lima tahap yaitu: 1) survei awal terhadap buku teks IPS-Geografi berbasis kurikulum tahun 2013, 2) pemilihan buku teks yang dominan digunakan siswa, 3) pemilihan bahan ajar pembanding, 4) analisis dengan menggunakan rubrik, dan 5) penyimpulan taraf validitas substansi bahan ajar. Analisis data menggunakan dua teknik, yaitu analisis teks dan analisis deskriptif.Analisis teks bertujuan untuk mengkaji validitas bahan ajar ditinjau dari aspek kebahasaan dan substansi. Analisis deskriptif dilakukan untuk mempersentasikan tarafvaliditassubstansi dan kebahasaan bahan ajar.

Berdasarkan hasil analisis, didapatkan dua kesimpulan terkait dengan tingkat validitas isi dan kebahasaan. Kesimpulan pertama, yaitu validitas materi Perubahan Muka Bumi pada buku teks IPS-Geografi untuk SMP kelas VII yang diterbitkan oleh Esis (2013) termasuk dalam kategori kurang. Hal itu diindikasikan dengan tingkat:akurasi materi 25%, validitas konsep 72,41%, kebakuan kata 97,99%, kekomunikatifan diksi 93,50%, kebakuan kalimat 79,76%,  kelugasan kalimat 30,90%, konsitensi struktur paragraf 18, 99%, ketercernaan paragraf 17,72%, dan tingkat keruntutan alur pikir 16,46%. Kesimpulan kedua, yaitu validitas materi Relief Bumi padadatabase software ”G-Eureka yang dikembangkan oleh Wardoyo (2013 ) termasuk dalam kategori baik. Hal itu diindikasikan dengan tingkat:akurasi materi 100%, validitas konsep 78,38%, kebakuan kata 99,77 %, kekomunikatifan diksi 99,76 %, kebakuan kalimat 89,19%, kelugasan kalimat 89,19%, konsitensi struktur paragraf 98,14%,ketercernaan paragraf 89,3%, dan keruntutan alur pikir 93,13%.