SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI MA MU'ALLIMAT DI KOTA MALANG

Iva Aliya Aini

Abstrak


ABSTRAK

 

Aini, Iva Aliya. 2013. “Penerapan Metode problem solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa kelas XI MA Mu’allimat di Kota Malang”. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd. (II) Dr. Budijanto,M.Sos

 

Kata Kunci: problem solving, dan Hasil Belajar.

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 19 dan 26 Agustus 2013 di kelas XI MA Mu’allimat Malang  diketahui bahwa di dalam kegiatan pembelajaran guru telah mengaplikasikan beberapa metode pembelajaran misalnya diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas di luar kelas, tetapi siswa masih terlihat kurang termotifasi, sehingga siswa menjadi kurang aktif di dalam kegiatan pembelajaran.

Dari 48 orang siswa, yang dianggap aktif dalam kegiatan pembelajaran hanya ada 3 orang siswa, dan yang kurang aktif 45 orang siswa. Bila ada pertanyaan dari guru hanya 3 orang siswa tersebut yang menjawab, sedangkan 45 orang siswa lainnya hanya diam, dan ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya kepada guru jarang sekali ada pertanyaan dari siswa. Situasi ini terjadi karena siswa yang menjawab pertanyaan dianggap oleh siswa lainnya hanya untuk mencari perhatian saja.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tindakan setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2013-2014 MA Mu’allimat Malang  yang berjumlah 48 siswa.

 Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa, hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih tes pada siklus I dengan tes pada siklus II. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes objektif dan esai, lembar observasi aktivitas siswa dan catatan lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model Problem Solving dalam bidang studi IPS Geografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MA Mu’allimat Kota Malang. Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana kegiatan yang harus dilakukan sebelum pelaksanaan tindakan guru seharusnya memberikan arahan dan masukan-masukan serta motivasi kepada murid supaya lebih percaya diri untuk mengutarakan pendapatnya pada saat presentasi.