SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI-IS MA Muhammadiyah 2 Paciran

Widya Astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Widya. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI-IS MA Muhammadiyah 2 Paciran. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Mustofa, M.Pd.

 

Kata Kunci: model, problem solving, berpikir kritis

 

Salah satu ketrampilan geografi (geographycal skill) yang penting dan perlu dikembangkan dalam pembelajaran geografi adalah kemampuan berpikir kritis. Pada prakteknya di sekolah, kemampuan berpikir kritis masih kurang mendapatkan perhatian, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa kurang bisa berkembang dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran geografi kelas XI-IS MA Muhammadiyah 2 Paciran.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dikembangkan dengan pre test-post test control group design. Subyek penelitian yaitu kelas XI-IS-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IS-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes essai untuk pretes dan postes. Teknik analisis hipotesis dengan uji-t (independent sample t-test) dengan menggunakan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem solving di MA Muhammadiyah 2 Paciran. Rata-rata kemampuan berpikir kritis (gain score) siswa kelas eksperimen adalah 0,5077 sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas kontrol  0,3421 dengan nilai signifikan sebesar 0,000