SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Kendala Guru Geografi dalam Mengimplementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri se-Kabupaten Aceh Utara

muthmainna .

Abstrak


i
ABSTRAK
Muthmainna. 2009. Identifikasi Kendala Guru Geografi dalam Mengimplementasi
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri se-Kabupaten
Aceh Utara. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri
Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd
(II) Drs. Yusuf Suharto.
Kata kunci: Kendala Guru, Implementasi, KTSP.
Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa
guru-guru SMA Negeri di Kabupaten Aceh Utara masih mengalami kendala
melaksanakan pembelajaran geografi secara utuh, sistematis, dan berkesinambungan
dalam upaya mengimplementasikan KTSP. Hal ini ditunjukkan bahwa beberapa guru
mengalami kendala dalam mengembangkan silabus dan RPP. Kegiatan pembelajaran
yang sering digunakan guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang
melibatkan siswa seperti yang tercantum dalam amanat KTSP. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kendala guru geografi dalam
mengimplementasi KTSP.
Rancangan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Variabel dalam
penelitian ini adalah kendala guru geografi dalam implementasi KTSP di SMA
Negeri se-Kabupaten Aceh Utara. Variabel tersebut dijabarkan menjadi sub variabel
sebagai berikut: (1) kendala dalam membuat perencanaan pembelajaran sesuai KTSP,
(2) kendala dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan KTSP, (3) pelaksanaan
evaluasi berdasarkan KTSP. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi di 25
SMAN se-Kabupaten Aceh Utara. Jumlah guru yang dijadikan sampel adalah 41
orang. Penelitian ini mengunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru geografi di SMA Negeri se-
Kabupaten Aceh Utara masih mengalami kendala dalam menerapkan KTSP baik
dalam pembuatan perencanaan pembelajaran dan dalam aplikasinya, karena KTSP
masih baru dilaksanakan. Kendala tersebut antara lain: (1) Dalam mengembangkan
silabus, guru mengalami kesulitan mengembangkan pengalaman belajar dan
menentukan alokasi waktu, (2) Dalam mengembangkan RPP, guru mengalami
kesulitan dalam menentukan metode yang melibatkan siswa secara aktif dan
menentukan materi sesuai dengan struktur keilmuan, (3) Dalam proses pembelajaran,
guru mengalami kesulitan dalam membangkitkan minat, keaktifan siswa, dan
menggunakan media belajar karena keterbatasan sarana yang dimiliki sekolah. (4)
Dalam evaluasi, guru geografi mengalami kesulitan dalam menjabarkan indikator
dalam butir soal dan membuat soal dengan kalimat yang mudah dipahami siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara umum
pelaksanaan KTSP di SMA Negeri Se Kabupaten Aceh Utara masih belum optimal,
karena masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam proses pengembangan
silabus dan RPP, proses pelaksanaan pembelajaran, dan pengembangan kegiatan
ii
evaluasi dengan berbagai tingkatan. Dari hasil penelitian ini, maka disarankan bagi
guru untuk meningkatkan pemahaman terhadap KTSP dengan mengikuti seminar,
penataran tentang KTSP dan juga perlu untuk meningkatkan kinerja, baik dalam
merencanakan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran. Bagi Dinas
Pendidikan Kabupaten Aceh Utara supaya melakukan koordinasi yang lebih intensif
dengan masing-masing sekolah, sehingga dapat memantau pelaksanaan KTSP di
setiap sekolah.

Teks Penuh: DOC PDF