SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEMISKINAN TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DAN KONDISI FISIK BANGUNAN RUMAH DI DESA MANDURO KECAMATAN KABUH KABUPATEN JOMBANG

Suhanda Eka Budiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Budiana, Suhanda Eka. 2013. Pengaruh Kemiskinan Terhadap Pendidikan Anak dan Kondisi Fisik Bangunan Rumah di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:     (I) Dr. I Nyoman Ruja, S.U, (II) Satti Wagistina, SP, M.Si

 

Kata Kunci: Kemiskinan, Pendidikan Anak, dan Kondisi Fisik Bangunan Rumah

 

Data kemiskinan tahun 2011 menunjukkan bahwa jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 30.018.930 jiwa, dari jumlah tersebut 50% diantaranya berada di Pulau Jawa. Salah satu provinsi dengan jumlah penduduk miskin terbesar adalah Provinsi Jawa Timur, 67% penduduk miskin di Pulau Jawa terdapat di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Jombang sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur juga memiliki andil dalam tingginya kemiskinan di Jawa Timur. Berdasarkan data dan informasi kemiskinan di Jawa Timur bahwa  penduduk miskin di Kabupaten Jombang berjumlah 205.000. Keadaan ini juga diperparah dengan rata-rata lama sekolah yang rendah yaitu baru mencapai 7,4 tahun atau tidak jauh dari bangku SD. Kondisi fisik bangunan rumahnya juga masih terlihat banyak yang menggunakan bambu sebagai dinding rumah dan tanah sebagai lantai bangunan rumah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemiskinan terhadap pendidikan anak dan kondisi fisik bangunan rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang menerima program BLSM di Desa Manduro Kecamatan Kabuh. Untuk penentuan siapa-siapa yang menjadi responden menggunakan simple random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Setelah data terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan tabulasi tunggal dan silang yang kemudian dilanjutkan dengan analisa SPSS  15.0 for windows.

Hasil analisis dengan menggunakan SPSS  15.0 for windows didapatkan bahwa antara kemiskinan dan pendidikan anak memperlihatkan tidak terdapat pengaruh antara kedua variabel tersebut, sedangkan antara kemiskinan dan kondisi fisik bangunan rumah memperlihatkan adanya pengaruh antara keduanya. Saran yang dapat diberikan adalah 1) penggalakan kejar paket untuk SD, SMP, dan SMA 2) Pembangunan sekolah yang berbasis pertanian, 3) Pembentukan kelompok tani, 4) Pelatihan pengolahan hasil pertanian.