SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kemiskinan Terhadap Pendidikan Anak dan Kondisi Fisik Bangunan Rumah di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang

Nonce Mangar

Abstrak


ABSTRAK

Budiana, SuhandaEka.2013. Pengaruh Kemiskinan Terhadap Pendidikan Anak dan Kondisi Fisik Bangunan Rumah di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang.Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I NyomanRuja, S.U, (II) SattiWagistina, SP, M.Si

Kata Kunci:Kemiskinan,Pendidikan Anak, dan Kondisi Fisik Bangunan Rumah

Data kemiskinantahun 2011menunjukkanbahwajumlahpendudukmiskin di Indonesia mencapai 30.018.930 jiwa, darijumlahtersebut50%diantaranyaberada di PulauJawa.Salah satuprovinsidenganjumlahpendudukmiskinterbesaradalahProvinsiJawaTimur, 67% pendudukmiskin di PulauJawaterdapat di ProvinsiJawaTimur.KabupatenJombangsebagaisalahsatukabupaten di JawaTimurjugamemilikiandildalamtingginyakemiskinan di JawaTimur.Berdasarkan data daninformasikemiskinan di JawaTimurbahwapendudukmiskin di KabupatenJombangberjumlah 205.000.Keadaaninijugadiperparahdengan rata-rata lama sekolah yang rendahyaitubarumencapai 7,4 tahunatautidakjauhdaribangku SD. Kondisifisikbangunanrumahnyajugamasihterlihatbanyak yang menggunakanbambusebagaidindingrumahdantanahsebagailantaibangunanrumah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemiskinan terhadap pendidikan anak dan kondisi fisik bangunan rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang menerima program BLSM di Desa Manduro Kecamatan Kabuh. Untuk penentuan siapa-siapa yang menjadi responden menggunakan simple random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Setelah data terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan tabulasi tunggal dan silang yang kemudian dilanjutkan dengan analisa SPSS 15.0 for windows.
HasilanalisisdenganmenggunakanSPSS 15.0for windowsdidapatkanbahwaantarakemiskinandanpendidikananakmemperlihatkantidakterdapatpengaruhantarakeduavariabeltersebut, sedangkanantarakemiskinandankondisifisikbangunanrumahmemperlihatkanadanyapengaruhantarakeduanya. Saran yang dapatdiberikanadalah 1) penggalakankejarpaketuntuk SD, SMP, dan SMA2)Pembangunan sekolah yang berbasispertanian, 3) Pembentukankelompoktani,4) Pelatihanpengolahanhasilpertanian.