Pengaruh Kemiskinan Terhadap Pendidikan Anak dan Kondisi Fisik Bangunan Rumah di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang
Nonce Mangar
Abstrak
ABSTRAK
Budiana, SuhandaEka.2013. Pengaruh Kemiskinan Terhadap Pendidikan Anak dan Kondisi Fisik Bangunan Rumah di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang.Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I NyomanRuja, S.U, (II) SattiWagistina, SP, M.Si
Kata Kunci:Kemiskinan,Pendidikan Anak, dan Kondisi Fisik Bangunan Rumah
Data kemiskinantahun 2011menunjukkanbahwajumlahpendudukmiskin di Indonesia mencapai 30.018.930 jiwa, darijumlahtersebut50%diantaranyaberada di PulauJawa.Salah satuprovinsidenganjumlahpendudukmiskinterbesaradalahProvinsiJawaTimur, 67% pendudukmiskin di PulauJawaterdapat di ProvinsiJawaTimur.KabupatenJombangsebagaisalahsatukabupaten di JawaTimurjugamemilikiandildalamtingginyakemiskinan di JawaTimur.Berdasarkan data daninformasikemiskinan di JawaTimurbahwapendudukmiskin di KabupatenJombangberjumlah 205.000.Keadaaninijugadiperparahdengan rata-rata lama sekolah yang rendahyaitubarumencapai 7,4 tahunatautidakjauhdaribangku SD. Kondisifisikbangunanrumahnyajugamasihterlihatbanyak yang menggunakanbambusebagaidindingrumahdantanahsebagailantaibangunanrumah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemiskinan terhadap pendidikan anak dan kondisi fisik bangunan rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang menerima program BLSM di Desa Manduro Kecamatan Kabuh. Untuk penentuan siapa-siapa yang menjadi responden menggunakan simple random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Setelah data terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan tabulasi tunggal dan silang yang kemudian dilanjutkan dengan analisa SPSS 15.0 for windows.
HasilanalisisdenganmenggunakanSPSS 15.0for windowsdidapatkanbahwaantarakemiskinandanpendidikananakmemperlihatkantidakterdapatpengaruhantarakeduavariabeltersebut, sedangkanantarakemiskinandankondisifisikbangunanrumahmemperlihatkanadanyapengaruhantarakeduanya. Saran yang dapatdiberikanadalah 1) penggalakankejarpaketuntuk SD, SMP, dan SMA2)Pembangunan sekolah yang berbasispertanian, 3) Pembentukankelompoktani,4) Pelatihanpengolahanhasilpertanian.
Budiana, SuhandaEka.2013. Pengaruh Kemiskinan Terhadap Pendidikan Anak dan Kondisi Fisik Bangunan Rumah di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang.Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I NyomanRuja, S.U, (II) SattiWagistina, SP, M.Si
Kata Kunci:Kemiskinan,Pendidikan Anak, dan Kondisi Fisik Bangunan Rumah
Data kemiskinantahun 2011menunjukkanbahwajumlahpendudukmiskin di Indonesia mencapai 30.018.930 jiwa, darijumlahtersebut50%diantaranyaberada di PulauJawa.Salah satuprovinsidenganjumlahpendudukmiskinterbesaradalahProvinsiJawaTimur, 67% pendudukmiskin di PulauJawaterdapat di ProvinsiJawaTimur.KabupatenJombangsebagaisalahsatukabupaten di JawaTimurjugamemilikiandildalamtingginyakemiskinan di JawaTimur.Berdasarkan data daninformasikemiskinan di JawaTimurbahwapendudukmiskin di KabupatenJombangberjumlah 205.000.Keadaaninijugadiperparahdengan rata-rata lama sekolah yang rendahyaitubarumencapai 7,4 tahunatautidakjauhdaribangku SD. Kondisifisikbangunanrumahnyajugamasihterlihatbanyak yang menggunakanbambusebagaidindingrumahdantanahsebagailantaibangunanrumah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemiskinan terhadap pendidikan anak dan kondisi fisik bangunan rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang menerima program BLSM di Desa Manduro Kecamatan Kabuh. Untuk penentuan siapa-siapa yang menjadi responden menggunakan simple random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Setelah data terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan tabulasi tunggal dan silang yang kemudian dilanjutkan dengan analisa SPSS 15.0 for windows.
HasilanalisisdenganmenggunakanSPSS 15.0for windowsdidapatkanbahwaantarakemiskinandanpendidikananakmemperlihatkantidakterdapatpengaruhantarakeduavariabeltersebut, sedangkanantarakemiskinandankondisifisikbangunanrumahmemperlihatkanadanyapengaruhantarakeduanya. Saran yang dapatdiberikanadalah 1) penggalakankejarpaketuntuk SD, SMP, dan SMA2)Pembangunan sekolah yang berbasispertanian, 3) Pembentukankelompoktani,4) Pelatihanpengolahanhasilpertanian.