SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Struktur Mata Pencaharian dan Pendapatan Penduduk Kampung Inggris Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri

FITRA ANNISA MUSLIMA SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Fitra Annisa Muslima. 2013. Struktur Mata Pencaharian dan Pendapatan Penduduk Kampung Inggris Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata kunci:  Struktur Mata Pencaharian, Pendapatan, Kampung Inggris.

 

Sektor pertanian semakin menurun seiring dengan semakin berkembangannya pembangunan wilayah dan perubahan aktivitas penduduk terutama dalam bermata pencaharian, seperti halnya pada Kampung Inggris. Semakin banyak struktur mata pencaharian yang muncul karena berkembangnya lembaga-lembaga kursus Bahasa Inggris. Mata pencaharian yang ada banyak berkaitan dengan Kampung Inggris dan sebagai penunjang perkembangan Kampung Inggris.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik demografi, struktur mata pencaharian, pendapatan, dan faktor yang mempengaruhi struktur mata pencaharian penduduk Kampung Inggris Desa Tulungrejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga Desa Tulungrejo yang berjumlah 4357 kepala keluarga. Sampel yang diambil sebanyak 55 responden pada Dusun Mangunrejo dan 54 responden pada Dusun Tegalsari. Pengambilan sampel dengan cara teknik proporsional random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis tabulasi tunggal untuk memperoleh gambaran umum setiap kondisi yang diteliti berdasarkan variabel yang diteliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Usia kepala keluarga Kampung Inggris Desa Tulungrejo 37 – 48 tahun dan berjenis kelamin laki-laki dengan status sudah menikah, dan tingkat pendidikan akhir SMA/MA serta tidak mengikuti pendidikan non formal, (2) Struktur mata pencaharian penduduk Desa Tulungrejo meliputi pekerjaan pokok dan sampingan yaitu  jasa, PNS, pedagang, usaha rumah makan, toko bahan makanan, toko barang, bengkel, apotek dan sanggar, dengan lama bekerja rata-rata 2 – 6 tahun, (3) Pendapatan pokok penduduk Desa Tulungrejo rata-rata kurang dari sama dengan Rp 3.000.000, dan kurang dari Rp 2.000.000 untuk pendapatan sampingan, dan (4) Faktor yang mempengaruhi struktur mata pencaharian penduduk Desa Tulungrejo adalah keinginan pribadi dan letak lokasi usaha rata-rata 100 meter dari lokasi lembaga kursus Bahasa Inggris, dan dari segi keterjangkauannya sangat strategis.