SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik Tenaga Kerja Wanita Bagian Produksi Pabrik Rokok PT. Bentoel Prima Malang

DESTI HAYUTAMA

Abstrak


ABSTRAK

 

Hayutama, Desti. 2013. Karakteristik Tenaga Kerja Wanita Bagian Produksi Pabrik Rokok PT. Bentoel Prima Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budijanto, M.Sos. (II) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd. 

 

Kata kunci: karakteristik tenaga kerja wanita, aktivitas kerja, pemanfaatan pendapatan.

 

Di Kecamatan Singosari telah berdiri sebuah pabrik rokok. Industri rokok ini menyerap tenaga kerja khususnya tenaga kerja wanita yang kebanyakan berasal dari golongan menengah ke bawah. Upah yang diterima oleh tenaga kerja wanita masih tergolong minim dan di bawah UMR yang ditetapkan Kabupaten Malang. Meskipun upah masih tergolong rendah tenaga kerja wanita ini tetap bertahan dan bekerja di pabrik rokok karena berbagai alasan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik demografi, sosial, ekonomi, jenis dan aktivitas kerja serta pemanfaatan pendapatan tenaga kerja wanita bagian produksi pabrik rokok PT Bentoel Prima Malang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian diskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penilitian ini adalah tenaga kerja wanita pabrik rokok PT. Bentoel Prima dan penentuan sampel menggunakan teknik stratified  purposive sample. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan sistematik random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tabulasi  tunggal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kerja wanita pabrik rokok PT. Bentoel Prima di Kecamatan Singosari memiliki umur yang produktif, berstatus menikah, tingkat pendidikan rata-rata SMP, dan beban tanggungan sebanyak 3 anggota keluarga. Pendapatan tenaga kerja wanita ini cukup tinggi terutama pada unit menglinting, namun pendapatan tersebut masih kurang dari UMR Kabupaten Malang. Tenaga kerja wanita ini memiliki jam kerja yang ideal yaitu selama 7 jam  perhari dan lama kerja rata-rata 1-2 tahun. Dalam pemanfaatan pendapatan tenaga kerja wanita sebagian besar dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga seperti kebutuhan sandang, pangan, papan, sosial dan biaya pendidikan.

Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pemerintah Kabupaten Malang  memperhatikan pendapatan yang diterima oleh tenaga kerja wanita pabrik rokok PT. Bentoel Prima Malang karena pendapatan yang diterima kurang dari UMR Kabupaten Malang yaitu sebesar Rp. 1.343.700,00.