SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENCEMARAN LIMBAH CAIR INDUSTRI PENGOLAHAN IKAN TERHADAP KUALITAS AIR TANAH DI KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI

M. Rizqon Al Musafiri

Abstrak


ABSTRAK

 

Musafiri, M. Rizqon Al. 2013. Pengaruh Pencemaran Limbah Cair Industri Pengolahan Ikan Terhadap Kualitas Air Tanah di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.  Dwiyono Hari Utomo, M.Pd. M.Si, (II) Drs. Didik Taryana, M. Si.

 

Kata Kunci: Sumber Pencemar, Limbah Cair,  Industri Pengolahan Ikan, Kualitas Air Tanah

 

Keberadaan air memiliki peran yang cukup vital dalam perkembangannya menuju kearah kesejahteraan manusia.Bagi sebagian besar masyarakat yang berada di kawasan industri pengolahan ikan, air tanah merupakan pilihan yang paling disukai sebagai sumber kebutuhan air.  Masalah utama yang ada di Kecamatan Muncar khususnya terhadap air sumur yaitu kondisi air yang keruh dan berbau. Kurangnya pengetahuan dari masyarakat terkait pengolahan air yang benar juga belum maksimal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air sumur , pengaruh jarak terhadap kualitas air sumur, dan pengaruh limbah cair industri pengolahan ikan terhadap kualitas air sumur di Kecamatan Muncar. Parameter yang digunakan untuk mengetahui kualitas air sumur adalah pH, suhu, bahan organik dan minyak lemak. Untuk mengetahui pengaruh dari parameter tersebut terhadap kualitas air sumur maka dicari hubungan antara jarak dengan pH, jarak dengan suhu, jarak dengan bahan organik. Pengambilan titik sampel berjumlah 30 dengan ditentukan berdasarkan jarak. Analisis ini menggunakan tabulasi tunggal dan korelasi Product-Moment. Selanjutnya analisis dilakukan untuk memperjelas hasil penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas air sumur gali pendudukdi Desa Kedungrejo mengandung bahan organik dan minyak lemak, akan tetapi masih dibawah baku mutu yang ditetapkan oleh PERMENKES RI No.492/MENKES/PER/IV/2010 dan PERMENLH No.6 Tahun 2007.Berdasarkan analisis dengan menggunakan korelasi Product- Moment, maka dapat diketahui bahwatidak terdapat hubungan antara jarak dengan pH, suhu dan bahan organik,yang disebabkan oleh  beberapa faktor yaitu kontur air tanah, akuifer dan jenis tanah di Kecamatan Muncar. Untuk mengurangi dampak dari adanya kandungan minyak lemak dan bahan organik dalam air sumur, perlu dilakukan pengolahan.  Pengolahan bisa dilakukan dengan cara melakukan penyaringan dengan menggunakan pasir yang mengandung banyak SiO2 untuk mengurangi kadar bahan organik dalam air sumur dan menggunakan Dissolve Air Flotation untuk mengolah air yang mengandung minyak lemak.