SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengembangan Kampung Kungkuk Sebagai Desa Wisata di Kecamatan Bumiaji Kota Batu

Evi Yuni Kristanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Kristanti, Evi Yuni. 2013. Analisis Pengembangan Kampung Kungkuk Sebagai Desa Wisata di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (UM).Pembimbing : (1) Drs. I Komang Astina, M. S., Ph. D (2) Dra.Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si

 

Kata Kunci : Pengembangan Desa Wisata, analisis SWOT

 

Jawa Timur merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki berbagai daerah tujuan wisata. Pada tahun 2011 Jawa Timur mendapat kesempatan untuk dipromosikan sebagai daerah tujuan wisata dalam program Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata yaitu  Visit East Java. Adanya rekomendasi ini, maka perlu adanya sebuah upaya yang harus dilakukan oleh setiap pemerintah daerah dalam mengembangkan sektor pariwisatanya agar  mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu daerah di Jawa Timur yang  pengembangan wilayahnya di sektor pariwisata adalah Kota Batu. Pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh pemerintah lebih terfokuskan pada pusat kota dibandingkan dengan daerah pinggiran atau pedesaan, sehingga hal ini menimbulkan pengembangan pariwisata yang tidak merata.  Salah satu  Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Kota Batu yang dapat memberikan dorongan kemajuan bagi masyarakat pedesaan adalah desa wisata.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1)  bagaimana latar  geografis pengembangan Kampung Kungkuk berdasarkan kondisi fisik dan sosial sebagai Desa Wisata di Kecamatan Bumiaji Kota Batu dan  (2) bagaimana analisis SWOT pengembangan Kampung Kungkuk sebagai Desa Wisata di Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Penelitian  ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif  karena bertujuan untuk memperoleh gambaran dan jawaban atas pertanyaan penelitian sesuai dengan rumusan masalah yang digunakan. Berdasarkan  metode pelaksanaannya, penelitian ini termasuk penelitian survey yaitu informasi yang diperoleh berdasarkan kenyataan di lapangan. Penelitian ini dilakukan di Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Metode penelitian yang digunakan metode survey sebagai objek penelitian adalah Kampung Wisata Kungkuk. Dalam penelitian ini diperlukan data penunjang yang diperoleh dari pengunjung yang datang ke Kampung Wisata Kungkuk sebanyak 75 pengunjung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis persentase dan analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) latar geografis pengembangan Kampung Wisata Kungkuk berdasarkan kondisi fisik cukup sesuai untuk dikembangkan menjadi salah satu  deerah tujuan desa wisata di Kota Batu. Unsur-unsur  kondisi fisik yang mendukung pengembangan Kampung Wisata Kungkuk meliputi lokasi, daya tarik utama, daya tarik tambahan, fasilitas, aksesibilitas, dan akomodasi, dan pengembangan Kampung Wisata Kungkuk berdasarkan kondisi sosial cukup sesuai dikembangkan. Unsur-unsur kondisi sosial meliputi aktifitas penduduk, kelembagaan, dan informasi atau promosi, 2) Pengembangan Kampung Wisata Kungkuk sangat baik dan berpeluang untuk dikembangkan dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Selain itu pihak pengelola dapat membuka kesempatan bagi investor untuk bekerja sama terutama dalam hal penyediaan sarana prasarana yang mendukung untuk pengembangan Kampung Wisata Kungkuk Arahan pengembangan Kampung Wisata Kungkuk yang dapat dilakukan adalah dengan meminimalkan masalah internal sehingga dapat mengembangkan kekuatan dan peluang yang ada untuk pengembangan Kampung Wisata Kungkuk.