SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TUMPANG KABUPATEN MALANG

Robith Hasby Rahmana

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmana, Robith Hasby. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd., M.Si. (2) Satti Wagistina, S.P, M.Si.

 

Kata Kunci: Talking Stick, hasil belajar geografi

 

Pembaharuan pembelajaran yang semula berpusat pada guru beralih menjadi berpusat pada murid, mengubah sistem pembelajaran yang awalnya lebih menekankan pada keterampilan proses dan kemampuan siswa dalam menemukan dan memahami materi pembelajaran yang dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang adalah dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. keunggulan model ini adalah menguji kesiapan siswa, melatih siswa untuk mengungkapkan gagasan, meningkatkan kesiapan siswa, dan menjadikan siswa lebih giat belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) yang dikembangkan dengan pratest-pascatest group design. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian berupa tes subjektif. Data pada penelitian ini terdiri dari data prates (kemampuan awal siswa), data pascates (kemampuan akhir siswa), dan data gain score hasil belajar. Data gain score diperoleh dari selisih antara skor pascates dan skor prates. Gain score tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t yang diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yakni 24,79 untuk kelas eksperimen dan 10,73 untuk kelas kontrol. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 <  (0,025) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang, disarankan bagi guru geografi untuk menggunakan model pembelajaran Talking Stick sebagai variasi model pembelajaran karena dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, penelitian ini hanya terbatas pada materi sejarah pembentukan bumi, untuk itu disarankan untuk dilakukan pada materi yang lain.