SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS XI IPS

WEMI NURCAHYANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurcahyani, Wemi. 2013. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan  Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas XI IPS.Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd, (II) Dr. Budijanto, M.Sos

 

Kata Kunci:model pembelajaran STAD, TGT,hasil belajar

 

Model pembelajaran merupakan suatu perencanaan atau suatu yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas yang harus dilaksanakan guru agar siswa belajar secara aktif. Untuk mengaktifkan kelas guru harus mempunyai cara kreatif guna membangkitkan semangat siswa. Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT). Model pembelajaran STAD dan TGTmerupakan model pembelajaran yang mengedepankan metode pembelajaran kooperatif. Model STAD dan TGT memiliki beberapa persamaan dan perbedaan yang menjadi karakteristik masing-masing model. Model STAD menekankan pada kuis individu, sedangkan model TGT bertumpu pada turnamen. Selain itu, persamaan kedua model ini adalah adanya pembagian kelompok secara heterogen dan pemberian penghargaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandinganhasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan TGTpada mata pelajaran geografi kelas XI IPS.Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperimen atau eksperimen semu di mana penelitian dilaksanakan di SMA Ar Rahmah Putri “Boarding School” Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan pretest-postest control group design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Statistik Parametrik dengan bantuan SPSS  16.0 for windows. Instrumen Penelitian ini menggunakan soal objektif yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan.

Hasil dari pre test pada kelas model pembelajaran STAD dan TGT sama, yaitu nilai rata-rata 70,95 untuk kelas model pembelajaran STAD, sementara nilai rata-rata 69,11 untuk kelas model pembelajaran TGT. Setelah dilakukan perlakuan dengan penerapan model STAD rata-rata nilai siswa menjadi 78,32, sedangkan pada kelas yang mendapat perlakuan dengan model TGT nilai rata-rata siswa menjadi 73,78. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap hasil belajar geografi didapatkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,384. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan Ho diterima atau dengan kata lain berbunyi tidak ada perbedaan yang signifikan antara menggunakan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dengan model pembelajaranTeam Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi.

Saran yang dapat diberikandalam menerapkan model STAD dan TGT diantaranya, yaitu: 1) guru perlu mengatur pengalokasian waktu yang rinci dan tepat pada saat merencanakan pembelajaran; 2) guru harus pandai mengelola kelas supaya siswa dapat mengikuti sintak yang telah direncanakanmenimbulkan kegaduhan; 3) guru harus selalu memotivasi siswa. Sedangkan, saran bagi peneliti lanjut untuk dapat menguji pengaruh model pembelajaran STAD dan TGTterhadap variabel-veriabel lain, misalnya pada minat, motivasi, aktivitas, keaktifan siswa, dsb.