SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBANDINGAN PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG SEHAT DI DESA TLOGO POJOK DAN ROOMO KABUPATEN GRESIK

IMROATUS SANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sani, Imroatus. 2013. Perbandingan Pengetahuan dan Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Kampung Sehat di Desa Tlogo Pojok dan Roomo Kabupaten Gresik. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Satti Wagistina, S.P, M.Si (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Pengetahuan kampung sehat, Partisipasi, Program Kampung Sehat

 

PT. Petrokimia Gresik merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi pupuk terbesar di Indonesia yang berlokasi di Desa Tlogo Pojok Kecamatan Gresik. Sebagai salah satu perusahaan ekstraktif yang memiliki dampak yang tidak sedikit bagi lingkungannya, PT.Petrokimia Gresik menyadari akan pentingnya penerapan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam kinerja perusahaannya. Salah satu bentuk CSR PT. Petrokimia Gresik adalah Program Kampung Sehat yang dilaksanakan di Desa Ring I, yakni Desa Tlogo Pojok dan Roomo. Secara fisik, kondisi lingkungan di beberapa desa sekitar Desa Tlogo Pojok dan Roomo masih tergolong kurang bersih, seperti Desa Sukodono, Desa Kroman, dan Desa Karangturi. Apabila melihat desa lain di sekitar Desa Tlogo Pojok dan Roomo, maka kedua desa ini dapat dijadikan percontohan dikarenakan kondisi lingkungan fisiknya yang lebih bersih. Partisipasi warga dalam pelaksanaan program Kampung Sehat perlu mendapatkan perhatian untuk diketahui bagaimana peran serta warga di Desa Tlogo Pojok dan Roomo sehingga dapat menciptakan lingkungan yang bersih melalui Program Kampung Sehat.

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat di Desa Tlogo Pojok dan Desa Roomo dalam pelaksanaan Program Kampung Sehat . Pengetahuan masyarakat mengenai kampung sehat tercermin dalam kesehatan perumahan dan lingkungan pemukiman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket. Analisis data menggunakan tabulasi silang. Berdasarkan hasil penelitian, pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan tergolong tinggi, tetapi tingkat partisipasi mereka rendah, yakni lebih dari 40% yang kurang partisipatif.

Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat mengenai kampung sehat di Desa Tlogo Pojok lebih tinggi, tercermin dari rumah yang memenuhi syarat kesehatan lebih banyak di Desa Tlogo Pojok yaitu sebanyak 82% sedangkan di Desa Roomo sebanyak 51%. Bentuk partisipasi di Desa Tlogo Pojok adalah partisipasi mandiri, sedangkan bentuk partisipasi di Desa Roomo adalah partisipasi manipulatif dan fungsional.

Pihak PT. Petrokimia Gresik dan aparat desa hendaknya lebih melibatkan masyarakat dalam tahap perencanaan dan evaluasi. Mengingat bahwa kesehatan perumahan dan lingkungan pemukiman berbanding lurus dengan tingkat partisipasi warga, maka seluruh pihak yang berperan harus mampu mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Program Kampung Sehat ini.