SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI SIDEM KABUPATEN TULUNGAGUNG

MOH. SYAFIUDIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Syafiudin, Moh. 2013. Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Sidem Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si (II) Drs. I Komang Astina, M.S

 

Kata kunci: unsur fisik pariwisata, unsur pendukung pariwisata, analisis SWOT

 

Pantai Sidem merupakan salah satu pantai yang terletak di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Pantai Sidem terletak 30 km sebelah barat daya Kota Tulungagung. Selama ini belum ada pengelolaan yang jelas terhadap objek wisata Pantai Sidem, terbukti dengan sistem masuk lokasi yang membingungkan. Pantai Sidem belum berkembang secara maksimal dibandingkan dengan Pantai Popoh. Berdasarkan latar belakang di atas, perlu dilakukan penelitian terhadap objek wisata Pantai Sidem untuk dapat dirumuskan strategi pengembangannya.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan unsur fisik objek wisata Pantai Sidem Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung dalam mendukung usaha pengembangan Pantai Sidem. 2) Mendeskripsikan unsur pendukung objek wisata Pantai Sidem Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung dalam mendukung usaha pengembangan Pantai Sidem. 3) Melakukan analisis SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan objek wisata Pantai Sidem Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung.

Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Objek studinya adalah objek wisata Pantai Sidem di Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Penelitian ini mengarah pada peng-ungkapan suatu masalah atau keadaan sebagaimana adanya dan mengungkapkan fakta-fakta yang ada, terkadang diberikan interpretasi atau analisis. Dalam penelitian ini mengunkan analisis deskripsi dan analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Objek wisata Pantai Sidem memiliki unsur fisik yang mendukung pengembangan pariwisata. Unsur fisik tersebut adalah cuaca, sumber air bersih, kemiringan pantai, kecepatan angin, gelombang, lebar pantai , warna pasir dan biota. 2) Unsur pendukung objek wisata Pantai Sidem sebagian ada yang kondisinya bagus namun juga ada yang perlu diperbaiki. Unsur pendukung yang dalam kondisi bagus adalah daya tarik berupa kemiringan pantai yang landai dan pantai yang masih alami, atraksi yang berupa festival layang-layang dan jala tarik. Sedangkan unsur pendukung yang perlu diperbaiki adalah kelembagaan, fasilitas, aksesibilitas, promosi dan akomodasi. 3) Berdasarkan hasil analisis SWOT diperoleh kesimpulan bahwa objek wisata Pantai Sidem terletak pada kuadran III dengan koorninat (-0.3, 0.5). Kuadran tersebut menunjukkan kalau objek wisata Pantai Sidem kondisinya lemah dan segera memerlukan inovasi strategi pengembangan. Objek wisata Pantai Sidem memiliki kekuatan yang rendah dan kelemahan yang tinggi. Objek wisata Pantai Sidem memiliki peluang pengembangan yang tinggi dan ancaman yang rendah.