SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi Kelas XI–IPS 3 di SMAN I Lawang Kabupaten Malang

Wahyu Dini Kustanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Kustanti, Wahyu Dini. 2013. Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi Kelas XI–IPS 3 di SMAN I Lawang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Timotius Suwarna, M.Pd, (II) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd        

 

Kata Kunci: Lingkungan, Sumber belajar, Keaktifan, Hasil belajar

 

Rendahnya kualitas pembelajaran merupakan bukti ketidakberhasilan dalam proses pembelajaran. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya variasi  sumber belajar geografi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat mempengaruhi  keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi awal didapatkan data bahwa keaktifan siswa masih rendah, rata-rata skor keaktifan 22 dengan rentang skor 16 sampai 48. Selain rendahnya keaktifan belajar, hasil belajar siswa Kelas XI-IPS3 juga rendah. Rata-rata nilai hasil belajar siswa sudah  mencapai 65. Namun ketuntasan klasikal masih rendah sebesar 18,75%. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki permasalahan tersebut adalah  pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi.

Rancangan penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI-IPS 3 SMA Negeri 1 Lawang  dengan jumlah siswa sebanyak 32 pada materi pelestarian lingkungan dan kaitanya dengan pembangunan berkelanjuatan. Pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, observasi, dan tes tulis. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi keaktifan siswa, soal tes, dan lembar catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara membandingkan hasil observasi awal dengan Siklus I, dan Siklus I dengan Siklus II dan seterusnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan pada observasi awal rata-rata skor keaktifan adalah 22 dengan rentang skor 16 sampai 48, sedangkan pada Siklus I terjadi peningkatan menjadi 33 dan pada Siklus II meningkat menjadi 41. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar juga meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada observasi awal adalah 65 pada Siklus I terjadi peningkatan menjadi 74 dan pada Siklus II meningkat menjadi 79.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Disarankan bagi guru geografi SMA Negeri 1 Lawang  untuk menambah variasi sumber belajar, memakasimalkan lingkungan sebagai sumber belajar perlu memerhatikan manajemen waktu yang terstruktur, pengorganisasian kelas baik individu maupun kelompok.