SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KARAKTERISTIK TENAGA KERJA PENGOLAHAN LIMBAH MARMER DI DESA CAMPURDARAT KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG

YOSSI DWI LAKSMITA

Abstrak


ABSTRAK

 

Laksmita, Yossi Dwi. 2013. Karakteristik Tenaga kerja Pengolah Limbah Marmer di Desa Camapurdarat Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulunggagung. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ach Amirudin, M.Pd, (II) Dr. Budijanto, M.Si.

 

Kata Kunci: karakteristik tenaga kerja, kondisi sosial, ekonomi, demografis.

         

Tenaga kerja pada industri  pengolahan limbah marmer di Desa Campurdarat Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung mayoritas adalah laki-laki, mereka yang bekerja di industri pengolahan limbah marmer ini memiliki bermacam-macam motivasi yang menuntut mereka harus berkerja dipengolahan  limbah marmer, karena pendapatan dari pekerjaan sebagai buruh tani. Kurang untuk memenuhi pendapatan dan kebutuhan keluarga. Karena dampak pencemaran  limbah yang dihasilkan dari pembelahan marmer itu menjadikan masalah lingkungan dan menjadikan petani rugi. Selain itu, pekerjaan sebagai pengolah limbah marmer tidak memerlukan pendidikan yang tinggi dan memiliki keahlian atau keterampilan khusus sehingga banyak tenaga kerja yang beralih pekerjaan sebagai pekerja di pengolahan limbah marmer.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik sosial, ekonomi, dan demografis tenaga kerja pengolah limbah marmer di Desa Campurdarat, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung,

Penelitian ini merupakan penelitian survei. Penelitian ini menggunakan analisis deskritif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi yang ada di daerah penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja pengolah limbah marmer yang berjumlah 50 responden yang data hasil penelitian diperoleh melalui kuisioner dengan wawancara terstruktur. Data mentah yang terkumpul dimasukkan dalam tabulasi tunggul kemudian di analisis.

Hasil analisis menunjukkan bahwa. Karakteristik sosial tenaga kerja pengolah limbah marmer memiliki tingkat pendidikan yang rendah, karakteristik ekonomi pada tenaga kerja pengolahan limbah marmer dapat dikatakan kondisi ekonominya belum cukup baik karena pendapatan terendah tenaga kerja pengolah limbah marmer masih berada di bawah UMR Kabupaten Tulungagung, karakteristik demografis tenaga kerja pengolahan limbah marmer dapat dikatakan faktor umur termasuk kelompok umur yang produktif dan status perkawinan tenaga kerja tertinggi adalah sudah menikah.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk pengusaha industri pengolahan limbah marmer sebaiknya meningkatkan upah tenaga kerja pengolah limbah menimal sejumlah UMR Kabupaten Tulunggaung dan untuk pemerintah setempat sebaiknya melakukan upaya-upaya perbaikan dan peningkatan manajemen kegiatan melalui pelatihan dan penyuluhan.