SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran ARIAS dengan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Geogarfi SMA Negeri 10 Malang

WIDIYA SHOLICHAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholichah, Widiya. 2013. Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran ARIAS dengan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Geogarfi SMA Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: ARIAS, Team Assisted Individualization, Hasil Belajar

 

Pembelajaran geografi dapat mengembangkan kemampuan intelektual tiap orang atau secara khusus anak didik yang mempelajarinya. Dengan demikian, pengajaran geografi mempunyai kemampuan melatih anak didik mencapai kedewasaan mental dalam berpikir, merasakan, dan mengembangkan keterampilannya. Geografi tidak hanya menekankan aspek hafalan-hafalan tempat, ruang, penduduk dan interaksinya, seperti yang terjadi di sekolah selama ini, tetapi juga menyiapkan peserta didik yang cakap berpikir  dalam pemecahan masalah (skills), dan memiliki sikap dan nilai-nilai positif (attitudes and values).  Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi model pembelajaran ARIAS dengan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geogarfi SMA Negeri 10 Malang.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian eksperimen semu (quasi-eksperiment) ini adalah pretest-posttest control group design. Perlakuan pada kelas eksperimen menggunakan integrasi  model pembelajaran ARIAS dengan Team Assisted Individualization. Sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan post-test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (t-test) untuk sampel mandiri (independen sampel).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh integrasi model pembelajaran ARIAS dengan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai gain score antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diperoleh masing-masing 16,388 dan 25, 903. Dengan demikian, hasil di atas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan terhadap kelas kontrol maupun kelas ekperimen. Selain itu, perpaduan 2 model pembelajaran seperti integrasi model pembelajaran ARIAS dengan Team Assisted Individualization lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.