SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN RUANG TERBUKA HIJAU PERMUKIMAN SEDERHANA DI KELURAHAN SAWOJAJAR KECAMATAN KEDUNGKANDANG

ISA WIJININGTYAS

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijiningtyas, Isa. 2013. Pengetahuan dan Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau Permukiman Sederhana di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: Pengetahuan, partisipasi masyarakat, permukiman sederhana, ruang terbuka hijau.

 

Interaksi manusia dan lingkungan dapat menimbulkan munculnya berbagai masalah.Alih fungsi lahan menjadi permukiman sudah pasti menyebabkan berkurangnya RTH di Kota Malang.Semakin bertambahnya jumlah penduduk yang tinggal di perkotaan maupun pedesaan merupakan salah satu penyebab terjadinya alihfungsi lahan terbuka hijau menjadi kawasan permukiman.Begitu pentingnya perananan RTH, menuntut semua warga masyarakat memiliki kepedulian, respon, dan partisipasi yang tinggi terhadap pengelolaan RTH.Respon berupa pengetahuan masyarakat yang mempengaruhi perilaku seseorang dalam pengelolaan RTH.Partisipasi aktif masyarakat merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pengelolaan RTH.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan RTH permukiman sederhana di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga di permukiman sederhana di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang .Responden dihitung sebanyak 100 KK yang berasal dari RW 10 dan RW 14, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik samplerandom sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pengisian instrumen, dan dokumentasi.Data yang sudah didapatkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Tingkat pengetahuan dan partisipasi masyarakat ada lima, yaitu (1) sangat tinggi, (2) tinggi, (3) sedang, (4) rendah, dan (5) sangat rendah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 68% masyarakat di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang memiliki pengetahuan yang sangat tinggi dalam pengelolaan RTH dan 63% masyarakat di Kelurahan Sawojajar memiliki partisipasi yang sedang terhadap pengelolaan RTH.

Dari hasil penelitian disarankan perlu ditingkatkan sosialisasi dari pemerintah untuk menambah tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan RTH sehingga terbentuk masyarakat yang memiliki kepedulian yang tinggi dalam pengelolaan RTH, perlu ditingkatkan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan pihak pengembang (developer) dalam menciptakan kawasan permukiman sederhana yang mampu mempertahankan RTH, perlu diadakan pemintakan antara tata bangunan dengan ruang terbuka hijau, sehingga tercipta kawasan hunian yang memiliki daya dukung lingkungan yang tinggi.