SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA AL-ISLAH SENDANGAGUNG-PACIRAN-LAMONGAN

Nur HAFIZAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Hafizah, Nur. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)  terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Di MA AL-Islah Sendangagung-Paciran-Lamongan. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan, M.Pd, M.Si (II) Satti Wagistina, S.P, M.Si.

 

Kata kunci: Minat Belajar, Teams Games Tournament

 

Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) unggul dalam membantu siswa memahami konsep sulit. Pembelajaran TGT juga memberikan efek terhadap sikap penerimaan perbedaan antarindividu, baik ras, keragaman budaya, gender, dan sosial-ekonomi. Pembelajaran TGT menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan siswa yang mempunyai kemampuan berbeda, sehingga dapat mempengaruhi perasaan senang dan minat untuk belajar lebih baik.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran TGT terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Geografi MA Al-Islah Sendangagung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasi (Quasi Esperimental Design) dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di MA Al-Islah Sendangagung Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Sampel penelitian siswa kelas X.IPS_3 sebagai kelas kontrol dan kelas X.IPS_4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa angket. Analisis data yang digunakan berupa uji U Mann-Whitney.

Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran TGT berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi di MA Al-Islah Sendangagung-Paciran-Lamongan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dan rata-rata hasil angket minat belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol.

Guru disarankan melakukan penerapan model pembelajaran TGT yang dilengkapi perlengkapan-perlengkapan khusus, seperti kartu soal, sertifikat, dan hadiah penghargaan. Peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian tentang model pembelajaran TGT pada materi yang lain dan mengukur kemampuan yang lain seperti kemampuan kognitif dan psikomotorik.