SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGETAHUAN, PARTISIPASI MASYARAKAT, JARAK TEMPAT TINGGAL DENGAN SEKOLAH, DAN AKSESIBILITAS DALAM MENDUKUNG PROGRAM DESA BERWAWASAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN GRESIK

Arrizaqu El Savitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Savitri, Arrizaqu El. 2013. Pengetahuan, Partisipasi Masyarakat, Jarak Tempat Tinggal dengan Sekolahdan Aksesbilitas dalam Mendukung Program Desa Berwawasan Pendidikan di Kabupaten Gresik. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si(II) Drs. M. Yusuf Idris

 

Kata kunci: pengetahuan, partisipasi, jarak, aksesibilitas

 

Masyarakat desa memiliki sumberdaya yang sangat terbatas. Salah satu penyebabnya yaitu rendahnya tingkat pendidikan di pedesaan. Oleh karena itu aspek yang harus diperhatikan untuk memberdayakan manusia menuju pembangunan adalah pendidikan, karena pendidikan memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan untuk berpartisipasi secara aktif dalam setiap kegiatan pembangunan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengetahuan masyarakat tentang program desa berwawasan pendidikan di Desa Sidomulyo, (2) mendeskripsikan partisipasi masyarakat pada program desa berwawasan pendidikan di Desa Sidomulyo, (3) mendeskripsikan jarak tempat tinggal anak Desa Sidomulyo dengan sekolah, (4) dan mendeskripsikan aksesibilitas untuk menjangkau dari Desa Sidomulyo ke sekolah.

Penelitian ini berbentuk descriptive research dengan menggunakan empat variabel sesuai pada rumusan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah 201 kepala keluarga (KK) yang tersebar di empat RT. Sampel yang diambil sebanyak 64 responden dalam penelitian ini dengan cara simple random sampling danproporsional random sampling, artinya sampel yang diambil dari populasi diambil secara acak sederhana dan tiap RT pengambilan sampelnya tidak sama jumlahnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengetahuan masyarakat mengenai desa berwawasan pendidikan (DBP)  adalah tinggi atau paham, pengetahuan masyarakat ini dipengaruhi oleh tingkat pendidikan masyarakat Desa Sidomulyo yang tergolong tinggi, hal ini dibuktikan dengan sekitar 30% lebih responden yang tingkat pendidikannya memenuhi usia wajib belajar, (2) tingkat partisipasi masyarakat terhadap program desa berwawasan pendidikan dikategorikan tinggi atau berpartisipasi. Partisipasi masyarakat bentuknya berupa kegiatan-kegiatan yang diikuti masyarakat. Masyarakat harus mematuhi peraturan-peraturan yang dibentuk pada program ini,(3) jarak rata-rata dari tempat tinggal anak ke sekolah hanya berkisar 100-500 meter. Hal ini dapat dikategorikan bahwa jarak mempunyai kategori tinggi, dimana jaraknya dekat dari rumah menuju sekolah. Waktu yang ditempuh apabila ke sekolahnya jalan kaki maka waktunya sebanyak 10 menit dan apabila diantar waktu tempuhnya sebanyak 5 menit. Rata-rata anak usia sekolah diantar oleh orang tuanya untuk ke sekolah, (4) aksesibilitas menurut hasil penelitian di Desa Sidomulyo ini tergolong tinggi, dimana aksesibilitasnya mudah dengan kondisi prasarana jalan cukup baik, jalan yang ada di desa ini ada yang di paving dan di aspal. Rata-rata responden Desa Sidomulyo memiliki kendaraan pribadi, kepemilikan kendaraan pribadi berpengaruh terhadap pengeluaran biaya (ongkos) yang dikeluarkan untuk kebutuhan angkutan umum.

Perlunya penelitian lebih lanjut mengenai program desa berwawasan pendidikan, disarankan untuk dikembangkan di luar Desa Sidomulyo, dan perlu adanya monitoring dari Pemerintah Daerah.