SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Karakteristik dan Prakiraan Volume Sampah Tahun 2013-2020 di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gedangkeret Kabupaten Jombang

Syafi'ul Novnania Karina

Abstrak


ABSTRAK

 

Karina, Syafi’ul Novnania. 2013. Analisis Karakteristik dan Prakiraan Volume Sampah Tahun 2013-2020 di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gedangkeret Kabupaten Jombang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si (II) Dr. Budijanto, M.Sos.

 

Kata Kunci : Karakteristik, Volume, TPA Sampah.

 

Sampah sebagai hasil dari berbagai aktifitas dalam kehidupan manusia maupun sebagai hasil dari suatu proses alamiah sering menimbulkan permasalahan serius di wilayah-wilayah permukiman penduduk. Dengan bertambahnya populasi penduduk maka sudah tentu akan menghasilkan timbunan sampah dan berkurangnya lahan untuk pengolahan sampah yang memang harus dihadapi oleh daerah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik, volume, dan proses pengelolaan sampah di TPA Gedangkeret. Metode analisis yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif.

Proses penelitian yang dilakukan, untuk menentukan karakteristik sampah yang dibedakan berdasarkan sifat, jenis, dan komposisi dilakukan pengambilan sampel sampah kemudian dilakukan pemilahan dan perhitungan prosentase. Untuk menentukan volume sampah yang dihasilkan maka dilakukan perhitungan proyeksi penduduk terlebih dahulu kemudian dapat dihitung timbunan sampah yang dihasilkan setiap orangnya dalam satu hari. Untuk mengetahui proses pengelolaan yang dilakukan di TPA dilakukan wawancara dengan petugas TPA.

Hasil penelitian yang diperoleh dari karakteristik sampah berdasarkan sifatnya yaitu: sampah organik sebesar 61% dan anorganik sebesar 39%. Berdasarkan jenisnya yaitu: sampah terurai 59%,dan sampah yang sulit terurai sebesar 41%. Berdasarkan komposisinya yaitu: sampah dari pasar didominasi oleh sampah sayuran sebesar 67%, untuk sampah dari pemukiman didominasi oleh sampah daun sebesar 48%, dan unutk sampah dari perumahan juga didominasi oleh sampah daun dengan prosentase 52%.

Prakiraan sampah pada tahun 2013-2020 di TPA Gedangkeret dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk di Kabupaten Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam waktu 3 hari rata-rata sampah yang masuk ke dalam TPA Gedangkeret Kabupaten Jombang per harinya adalah 46.083kg dengan rata-rata volume sampah sebesar 705,973 m3/hari, sedangkan daya tampung yang di sediakan TPA hanya 242,7 m3/hari. Meskipun di TPA tersebut terdapat 21 pemulung yang memanfaatkan sampah untuk dipilah dan dijual namun usaha pemulung untuk mengurangi banyaknya sampah yang masuk ke TPA sangat kecil karena mereka hanya bisa mengurangi 2% setiap harinya, sehingga jumlah sampah setelah diambil oleh pemulung menjadi 45.138 kg setiap harinya atau sampah yang ada di TPA Gedangkeret ini sebesar 98%. Jadi daya tampung TPA Gedangkeret Kabupaten Jombang mengalami overload.

Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini, yaitu: penambahan fasilitas atau alat pengelola sampah, penambahan tenaga kerja, pemanfaatan sampah oleh masyarakat, dan mengurangi penggunaan bahan atau alat-alat yang menimbulkan sampah.