SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Morbiditas Balita di Desa Klampar Kec. Proppo Kab. Pamekasan

Sri Ira Suharwati

Abstrak


ABSTRAK

 

Suharwati, Sri Ira. 2013. Faktor-Faktor  yang Mempengaruhi Morbiditas Balita Di Desa Klampar Kec. Proppo Kab. Pamekasan. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd M.Si., (2) Dr. Budijanto M.Sos

 

Kata kunci: Morbiditas, faktor yang mempengaruhi, industri batik, balita

 

Morbiditas atau angka tingkat sakit balita merupakan tolok ukur guna mengetahui kesehatan seseorang. Angka tingkat sakit mempunyai peranan penting yang lebih penting dibandingkan dengan angka kematian. Kesakitan merupakan masalah kesehatan yang penting terutama bagi anak-anak di bawah umur 5 tahun (balita) karena kesakitan paling sering ditemukan pada golongan anak usia dini. Kondisi lingkungan yang tidak sehat juga merupakan faktor yang menyebabkan tingginya morbiditas atau angka kesakitan di suatu wilayah. Desa Klampar yang merupakan pusat kegiatan industri batik rumahan sampai saat ini masih tergolong tidak baik dalam hal kesehatan balita. Dimana di desa tersebut banyak balita yang mengalami penyakit gatal-gatal dan diare. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat morbiditas balita di desa Klampar dan faktor-faktor yang mempengaruhi morbiditas balita.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan tekhnik Purposive Sampling. Dalam penentuan jumlah responden menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan teknik: (1) observasi, (2) dokumentasi, dan (3) kuesioner. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Deskriptif yaitu Tabulasi Tunggal, Silang, dan Chi Square . Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Tingkat morbiditas di desa Klampar dilihat dari lama sakit dan jumlah kali sakit selama tiga bulan terakhir tergolong sedang dengan faktor yang paling memilki keterkaitan adalah perawatan balita, (2) Ada keterkaitan antara perawatan balita dengan morbiditas balita, (3) Tidak ada keterkaitan antara tingkat pendidikan ibu, gizi, dan lingkungan biofisik dengan morbiditas balita pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bagi masyarakat agar lebih meningkatkan perawatan terhadap balita, serta menjaga dan memperhatikan kesehatan baik itu kesehatan individu maupun lingkungan.