SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FERTILITAS PEKERJA WANITA SEKTOR INFORMAL DI KABUPATEN MOJOKERTO

Diana Purnamasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Purnamasari, Diana. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi wanita pekerja sektor informal di Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistidjo M.Si, (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M. Si.

 

Kata kunci: fertilitas, pekerja wanita sektor informal, variabel antara, sosial.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka kelahiran di kabupaten Mojokerto sampai tahun 2010. Selain itu kesempatan wanita bekerja lebih sedikit pada sektor formal sehingga banyak wanita yang beralih pada sektor informal.  Hal ini ditunjukkan dengan  tingkat CBR (Crude Birth Rate) lebih besar dari tingkat CDR (Crude Death Rate).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi fertilitas pada pekerja wanita sektor informal di kabupaten Mojokerto dengan varia belantara yaitu umur kawin pertama, lama periode reproduksi, pemakaian alat kontrasepsi, mortalitas bayi, dan lama wanita bekerja. Rancangan penelitian ini termasuk survey dan sebagai alat pengumpul data dengan wawancara terstruktur. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampel, dan sebagai pertimbangan dalam penentuan sampel penelitian ini adalah daerah yang memiliki pusat-pusat kegiatan informal paling banyak. Populasi adalah 1.774 responden wanita pekerja sektor informal pernah kawin di Kabupaten Mojokerto, dan sampel yang digunakan berjumlah 326 responden. Analisis data yang digunakan yaitu tabulasi tunggal dan silang, korelasi, serta regresi berganda untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara fertilitas dengan umur kawin pertama, lama periode reproduksi, mortalitas dan lamanya penggunaan alat kontrasepsi. Sedangkan untuk hubungan yang tidak signifikan dengan fertilitas yaitu lamanya wanita bekerja. Serta yang paling dominan pengaruhnya terhadap fertilitas di wilayah penelitian adalah lama periode reproduksi.

Selain itu juga sosialisasi masyarakat tentang pemakaian alat kontrasepsi kepada pasangan usia subur ditingkatkan lagi dan digunakan minimal sebelum memiliki anak lebih dari tiga. Serta pentingnya penggunaan alat kontrasepsi yang tujuannnya untuk memiliki jumlah anak yang sesuai dengan program pemerintah dengan kualitas anak yang baik.