SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Anggi Perisa Evianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Evianti, Anggi Perisa. 2013. Hubungan Kebiasaan Membacadan Minat Baca dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. DjokoSoelistijo, M,Si. (II) Drs. Johanis Paluin Buranda, M.Si.

 

Kata Kunci: Kebiasaan Membaca, Minat Baca, Hasil Belajar

 

Kebiasaan membaca dan minat baca merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Efektifitas kegiatan belajar dapat tercermin dari hasil belajar siswanya. Pada umumnya siswa belajar semalam pada saat menjelang ulangan serta jarang membaca materi pelajaran yang akan dan setelah dibahas oleh guru di sekolah. Dengan membaca secara terus menerus, siswa akan lebih memahami dan menguasai materi pelajaran Geografi sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara kebiasaan membaca, minat baca, serta kebiasaan membaca dan minat baca secara bersama-sama dengan hasil belajar mata pelajaran Geografi siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang yang berjumlah 434 siswa. Sampel yang diambil sebesar 109 siswa dengan menggunakan proportional random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi,

Berdasarkan hasil analisis data, siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang memiliki kebiasaan membaca yang kurang baik dan minat baca yang rendah, sehingga hasil belajar pada mata pelajaran Geografi masih di bawah standar. Hal ini disebabkan karena para siswa lebih memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk bermain bersama teman-teman dari pada membaca buku pelajaran. Selain itu, banyaknya gangguan terutama dari lingkungan seperti suasana yang tidak kondusif untuk belajar menyebabkan siswa kurang dapat konsentrasi dalam membaca buku. Siswa yang memiliki minat baca yang rendah maka kebiasaan membacanya pun akan kurang baik. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh.

Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan membaca dan minat baca siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang masih kurang baik, sehingga hasil belajar yang diperoleh masih di bawah standar. Oleh karena itu, disarankan untuk guru mata pelajaran dan orang tua siswa agar dapat membangkitkan minat baca serta menanamkan kebiasaan membaca terhadap bahan bacaan khususnya yang berhubungan dengan materi pelajaran. Bagi siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang sudah merupakan suatu kewajiban untuk meningkatkan minat baca dan kebiasaan membaca karena akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh.