SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan berkomunikasi geografi siswa kelas XI SMAN 1 Kauman Tulungagung

Rizki Ayu Nafiah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nafiah, Rizki Ayu. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Berkomunikasi Geografi Siswa Kelas XI SMAN 1 Kauman Tulungagung. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata Kunci: Group Investigation, Kemampuan berkomunikasi Geografi

 

Permasalahan dalam pembelajaran Geografi selama ini adalah siswa belum mampu mengkomunikasikan pengetahuan geografinya secara verbal dengan baik. Siswa memahami konsep dan materi pembelajaran geografi namun tidak semua siswa dapat mengungkapkan pengetahuannya tersebut. Hal ini dikarenakan pembelajaran geografi di kelas umumnya hanya mengarah pada ranah kognitif siswa saja. Pembelajaran geografi di kelas belum mampu mengembangkan keterampilan siswa khususnya dalam berkomunikasi serta belum dapat membawa perubahan sikap geografi dalam diri siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berkomunikasi geografi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Ekperimen dengan satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional sedangkan kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran GI. Desain penelitian eksperimen semu ini adalah Pretest Postest Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dengan membandingkan kemampuan siswa sebelum dan setelah mendapatkan perlakuan dengan model GI.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berkomunikasi geografi siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan disarankan sebagai berikut: (1) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran Geografi guru menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan, (2) bagi peneliti lanjutan sebaiknya mengembangkan penelitian mengenai kemampuan berkomunikasi siswa khususnya secara verbal pada mata pelajaran lain dengan model pembelajaran Group Investigation.