SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA

Linggar Kusuma Maharani

Abstrak


ABSTRAK

 

Maharani, Linggar Kusuma. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Outrdoor Study terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X SMA Tamansiswa (Madya) Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si., Pembimbing (II) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph. D

 

Kata kunci: TAI, outdoor study, kemampuan berfikir kritis

 

Team Assisted Individualization (TAI) merupakan suatu model yang menggabungkan pembelajaran individu dengan kelompok. Pembelajaran model  TAI dapat mengetahui pengaruh kemampuan berfikir kritis siswa. Kemampuan berfikir kritis dapat dikembangkan dengan cara mengajak siswa ke lapangan untuk melihat objek-objek yang sedang dipelajari secara langsung. Pembelajaran survei lapangan (outdoor Study) dapat digunakan sebagai sumber belajar sehingga siswa lebih termotivasi dan tidak cepat bosan dalam mengikuti kegiatan belajar.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran yang menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) berbasis Outdoor Study terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas X SMA Tamansiswa (Madya) Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasi experiment), menggunakan bentuk pretest-posttest control group design.  Subjek penelitian adalah kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu 5 soal berbentuk essai yang diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya terlebih dahulu sebelum diberikan kepada subjek penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas dilakukan sebelum uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran TAI berbasis Outdoor Study terhadap kemampuan berfikir kritis siswa yang ditunjukkan  dengan rata-rata nilai akhir kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu  52 untuk kelas eksperimen dan 43 untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000. Hal ini berarti nilai sig. (2-tailed)