SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Islam Al-Ma’arif Singosari pada Materi Lingkungan Hidup

Dedy Irfansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Irfansyah, Dedy. 2013. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto SH, M. Pd, Penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Islam Al-Ma’arif Singosari pada Materi Lingkungan Hidup M.Si, (II) Drs. Soetjipto. TH, SH, M. Pd

 

Kata kunci: pembelajaran kooperatif model STAD, keaktifan belajar siswa

  

Hasil observasi yang dilakukan bulan April di kelas XI-IPS 1 SMA Islam Al-Ma’arif Singosari menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa masih rendah. Hal itu disebabkan oleh: 1) strategi yang dipilih kurang sesuai dengan materi pembelajaran, 2) dalam proses pembelajaran guru masih sangat dominan, 3) siswa kurang terlibat dalam pembelajaran. 4) kurangnya fasilitas pembelajaran,

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam melakukan diskusi, aktif berbagi tugas, aktif bertanya, dan aktif merespon terhadap guru pada materi lingkungan hidup. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai keaktifan belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) berlangsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Nilai keaktifan siswa pada siklus I mencapai 65,78 dengan kualifikasi cukup aktif sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,57 dengan kualifikasi aktif. Peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus 1 ke siklus II yaitu sebesar 15,79 (19,35%).

Bertitik tolak dari hasil penelitian ini disarankan: 1) bagi guru geografi, model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa, 2) bagi sekolah, agar menganjurkan kepada guru-guru geografi untuk menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) ketika ditemukan permasalahan keaktifan belajar dalam pembelajaran.