SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 KRAKSAAN

Muhammad Restu Singgih

Abstrak


ABSTRAK

 

Singgih, Muhammad Restu. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Minat pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet K, M.Si, (II) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si, M.Si.

 

Kata Kunci: model pembelajaran PBL, minat belajar

 

Pembelajaran Geografi di sekolah masih ditemukan berbagai kelemahan, salah satunya ialah penggunaan metode pembelajaran yang tidak menarik siswa. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada tanggal 18 Februari 2013 di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kraksaan diketahui bahwa kegiatan belajar mengajar (KBM) masih didominasi oleh guru, sedang siswa hanya duduk, mendengar dan mencatat. Siswa tidak tertarik dan senang terhadap Geografi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Minat pada Mata Pelajaran Geografi Siswa  Kelas XI IPS 1 Semester 2 SMAN 1 Kraksaaan pada Materi Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini, peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan angket. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMAN I Kraksaan dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan, pada materi Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan minat dan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 1 semester 2 SMAN I Kraksaan ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor minat sebesar 57,71 (cukup) pada pra tindakan meningkat menjadi 68,54 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi 83,65 (tinggi) pada siklus II. Guru Geografi dapat menerapkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Geografi.