SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS XI IPS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI JOMBANG PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Muhammad Fahmi Izarudin

Abstrak


ABSTRAK

 

Izarudin, Muhammad Fahmi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IPS 1 MAN Jombang pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si, (II) Purwanto, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: model pembelajaran group investigation, motivasi belajar, kemampuan berpikir analitis

 

Proses pembelajaran dikatakan efektif apabila seluruh siswa terlibat secara aktif. Siswa dituntut mampu menemukan sendiri fenomena yang terdapat di lingkungan mereka yang berkaitan dengan materi pembelajaran di kelas. Pengalaman siswa secara langsung dapat meningkatkan hasil belajar serta keberhasilan proses pembelajaran. Hasil observasi awal yang dilakukan pada tanggal satu dan tiga Maret 2013 di kelas XI IPS 1 MAN Jombang menunjukkan sebagian besar kegiatan belajar mengajar masih didominasi oleh guru, sedangkan siswa hanya mendengarkan, bicara sendiri, sering terlambat saat mengumpulkan tugas, dan kurang aktif dalam diskusi menunjukkan motivasi belajar siswa rendah. Kemampuan berpikir analitis siswa rendah saat mengerjakan soal esai analisis. Model pembelajaran mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir analitis siswa perlu diterapkan. Model pembelajaran yang tepat adalah Group Investigation (GI).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 MAN Jombang tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 36 siswa. Materi yang digunakan pada kompetensi dasar pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Angket motivasi digunakan untuk mengukur motivasi belajar dan soal tes esai digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analitis.       

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kemampuan berpikir analitis siswa meningkat. Nilai rata-rata motivasi belajar pra tindakan 59,83 meningkat menjadi 73,51 pada siklus I, 82,87 pada siklus II dengan persentase peningkatan sebesar 22,86% pada pra tindakan ke siklus I dan 12,73% dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis pra tindakan 51,39 meningkat menjadi 66,67 pada siklus I, 81,11 pada siklus II dengan persentase peningkatan sebesar 29,73% dari pra tindakan ke siklus I dan 21,66% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS I MAN Jombang.