SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Course Review Horay Terhadap Pengetahuan Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sumenep pada Materi Pemanfaatan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

Defika Widianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Widianti, Defika. 2012. Pengaruh Penerapan Model Course Review Horay Terhadap Pengetahuan Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sumenep pada Materi Pemanfaatan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Budi Handoyo, M.Si., (2) Satti Wagistina, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: model Course Review Horay (CRH) , hasil belajar.

 

Nilai hasil belajar dari ulangan geografi di kelas XI SMA Negeri 2 Sumenep  menunjukkan ketuntasan belajar yang cukup rendah. Siswa kelas XI IPS 1 yang memiliki nilai di bawah SKM sebesar 54% atau sebanyak 20 siswa dengan rata-rata kelasnya sebesar 70,5, sedangkan kelas XI IPS 2 yang tidak mencapai SKM ada 63% atau sebanyak 24 siswa dengan rata-rata kelasnya sebesar 71,5. Hal itu disebabkan oleh mata pelajaran geografi yang cenderung banyak menghafal dan model yang diberikan kurang mendukung dalam pembelajaran. Berdasarkan keterangan guru, dalam melakukan pembelajaran guru menggunakan model ceramah dan diskusi dalam setiap pembelajarannya. Siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sumenep memiliki karakteristik individual yang berbeda dalam hal minat dan emosional.  

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar Geografi. Model pembelajaran CRH diperkirakan dapat lebih menyesuaikan dengan karakteristik siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sumenep dibandingkan model yang biasa dipakai oleh guru. CRH mempermudah siswa untuk lebih memahami materi yang sudah disampaikan secara mendalam.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy exsperimen design) dengan dua kelompok subjek penelitian yang sama (homogen). Subjek penelitian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sumenep Tahun Ajaran 2012/2013, yaitu kelas IPS 1 dan IPS. Pemilihan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan secara random sampling. Terpilih  kelas IPS1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas IPS 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument pengukuran yang berupa tes hasil belajar. Analisis data penelitian dilakukan dengan analisis statistik kuantitatif berupa uji t dengan taraf signifikan α = 0,05. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 21 for Windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Gain Score hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 16,34 sedangkan rata-rata kelas kontrol 21,54. Berdasarkan uji t terhadap data gain score diperoleh nilai signifikasi 0,091, sehingga hasil belajar kedua kelas terbukti berbeda. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran CRH.