SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN 1 Gondang Tulungagung pada Topik Atmosfer.

Ratih Dewiyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewiyanti, Ratih. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN 1 Gondang Tulungagung pada Topik Atmosfer. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si, (II) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si, M.Si.

 

Kata kunci: group investigation, hasil belajar geografi, atmosfer

 

Proses pembelajaran di sekolah harus diperhatikan oleh seorang pendidik, jika ingin mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Keberhasilan dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh peran guru. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung pembelajaran masih menggunakan metode ceramah (konvensional). Model pembelajaran yang digunakan masih belum bervariasi serta paling sering didominasi oleh guru (teacher centered). Hal ini mengakibatkan banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang sesuai  adalah Group Investigation.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung pada topik atmosfer. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan rancangan Control Group Pretest Postest Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-6 sebagai kelas kontrol dan kelas X-7 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes, yaitu pretest dan postest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Sample Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi daripada kelas kontrol yang yang menggunakan ceramah (konvensional). Nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen 25,09 dan 14,3 pada kelas kontrol dengan taraf signifikansi dua ekor 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar geografi siswa pada topik atmosfer.