SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Mind Map untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Memahami Konsep Siswa Kelas X-E MA Nurul Ulum Malang

Vivit Novia Harirotul Abadiah

Abstrak


ABSTRAK

 

Abadiah, Vivit Novia Harirotul. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Mind Map untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Memahami Konsep Siswa Kelas X-E MA Nurul Ulum Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Mind Map, motivasi belajar, kemampuan memahami konsep

 

Hasil observasi awal peneliti di kelas X-E MA Nurul Ulum Malang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih perlu ditingkatkan lagi karena hampir seluruh siswa memiliki motivasi belajar yang rendah, sedangkan kemampuan memahami konsep siswa terhadap mata pelajaran Geografi di kelas tersebut masih sangat rendah. Rendahnya motivasi belajar dan kemampuan memahami konsep siswa tersebut berdampak pada rendahnya tes ulangan harian Geografi yang dilakukan pada Semester Ganjil tahun ajaran 2012/2013. Pada tes tersebut 26 siswa memiliki nilai di bawah KKM atau tidak tuntas belajar. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatifTeams Games Tournament Menggunakan Mind Map.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan memahami konsep siswa pada mata pelajaran geografi kompetensi dasar: ”menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi” melalui model pembelajaran kooperatifTeams Games Tournament Menggunakan Mind Map.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan.Subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas X-E MA Nurul Ulum Malang Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data motivasi belajar dilakukan dengan pemberian angket pada siklus I dan siklus II.Pengumpulan data kemampuan memahami konsep siswa dilakukan dengan pemberian tes pada siklus I dan siklus II. Analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu dengan cara membandingkan rata-rata motivasi belajar dan kemampuan memahami konsep siswa siklus I dan siklus II dengan menggunakan tabel dan grafik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan Mind Mapdapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan memahami konsep siswa. Hasil analisis data motivasi belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari dari siklus I 70,2 menjadi 80,1 pada siklus II atau sebesar 14,10%. Hasil analisis data kemampuan memahami konsep siswa mengalami peningkatan dari siklus I 69 menjadi 78 pada siklus II atau sebesar 13,04%.