SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan OpenOffice Impress sebagai Media Pembelajaran topik Perairan Permukaan pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Batu

Nadia Faiqotul Himmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Himmah, Nadia Faiqotul. 2013. Pengembangan OpenOffice Impress sebagai Media Pembelajaran topik Perairan Permukaan pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X  SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo, M. Si., (II) Bagus Setiabudi Wiwoho, S. Si. M. Si.

 

Kata Kunci: OpenOffice Impress, media pembelajaran, perairan permukaan

 

Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam pendidikan. Fungsi media adalah untuk menyampaikan pesan materi kepada peserta didik. Dalam penyampaian materi pelajaran, dibutuhkan media yang sesuai dengan karakter dan konteksnya. Salah satu software yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah OpenOffice Impress. Pemanfaatannya yang menampilkan teks, gambar, animasi, video, dan audio sesuai dengan topik perairan permukaan.

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan untuk mengatasi kesulitan guru dalam menyampaikan materi dan kesulitan siswa dalam memahami materi. Untuk mempermudah mengakses media pembelajaran ini, produk dikemas dalam bentuk CD pembelajaran.

Model pengembangan OpenOffice Impress sebagai media pembelajaran meliputi beberapa tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) perumusan tujuan; (3) desain produk; (4) prototipe; (5) uji validasi; (6) revisi; (7) uji responden; dan (8) produk media pembelajaran. Data penelitian bersifat kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari uji validasi produk dari ahli materi, ahli media, dan responden (siswa). Instrumen pengumpulan data berupa lembaran validasi yang berupa rekomendasi dan angket uji coba yang dianalisis dengan teknik perhitungan skor.

Hasil uji validasi ahli media dan ahli materi memutuskan bahwa secara keseluruhan media ini layak sebagai media pembelajaran. Skor akhir responden juga menujukkan persentase 83% yang berarti layak.

Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba tersebut, disimpulkan bahwa produk layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Beberapa saran dari hasil penelitian ini antara lain: (1) penggunaan media pembelajaran ini sebaiknya didukung dengan peralatan lainnya seperti LCD dan sound system, (2) untuk peneliti lanjutan, perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas penggunaan OpenOffice Impress sebagai media pembelajaran topik perairan permukaan terhadap hasil belajar siswa.