SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Geografi Di SMA.

Tiara Irmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Irmawati, Tiara. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Geografi Di SMA. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si., (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, Numbered Heads Together.

 

Kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah menjadi masalah utama dalam pembelajaran geografi. Pembelajaran geografi saat ini dirasa belum cukup mampu untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Untuk itu, diperlukan pengembangan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan pemahaman konsep siswa, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif NHT. Proses kerjasama pada diskusi kelompok dalam penerapan Numbered Heads Together memungkinkan siswa berfikir lebih kritis dan lebih memperdalam konsep sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar geografi tanpa membedakan kemampuan akademik siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model Numbered Heads Together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 7 Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Kediri Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang digunakan untuk prestest dan posttest. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji t-test tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan program komputer SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan model pembelajaran klasikal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi 6.39 dari pada rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 61.19 sedangkan rata-rata pada kelas kontrol sebesar 54.8. Hasil analisis dengan menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0.008 lebih kecil dibandingkan 0.05. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Model Numbered Heads Together berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA.

Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi yaitu menjadikan model NHT sebagai model pembelajaran yang seharusnya diterapkan oleh guru karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.