SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keberadaan Objek Wisata Kayangan Api terhadap Kondisi dan Kontribusi Sosila, Ekonomi, dan Budaya Masyarakat Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro

NIKA Pramadyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Pramadyani, Nika. 2009. Keberadaan Objek Wisata Kayangan Api Terhadap Kondisi dan  Kontribusi Sosila, Ekonomi, dan Budaya Masyarakat di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan, M.Pd, M.P. (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si

Kata kunci: Pariwisata, Kondisi, dan Kontribusi

 

Potensi wisata Kayangan Api sedang dikembangkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bojonegoro. dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai, aksebilitas mudah, dan tarif yang cukup murah seharusnya objek wisata Kayangan Api mampu mendatangkan wisatawan yang banyak dan bisa memberikan kontribusi yang lebih kepada masyarakat sekitar, namun pada kenyataannya hal itu tidak terjadi. Hal itulah yang melatarbelakangi diadakannya penelitian mengenai kondisi dan kontribusi objek pariwisata Kayangan Api terhada kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat sekitar.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pertama, bagaimana kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat sekitar objek pariwisata Kayangan Api; kedua: bagaimana kontribusi objek pariwisata Kayangan Api terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mendeskripsikan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat sekitar objek pariwisata Kayangan Api serta untuk mendeskripsikan kontribusi objek pariwisata Kayangan Api terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat sekitar.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan survei. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan tabel persentase. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kepala Keluarga di Desa Sendangharjo. Sampel diambil dengan menggunakan metode random sampling sehingga diperoleh 117 sampel dari 1180 populasi.

Hasil penelitisn menunjukkan: (1). Kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat Desa Sendangharjo yakni, sebanyak 35,8% masyarakat tamat SMA, pekerjaan yang dimiliki adalah pertanian dengan persentase 45%. Pendapatan yang diperoleh per bulan rata-rata lebih dari Rp.800.000. Budaya yang dimiliki yakni Nyadranan/bersih desa dan Ruwatan Masal. (2). Kontribusi sosial, ekonomi, dan budaya yang diperoleh dari objek wisata Kayangan Api adalah pekerjaan yakni sebagai pedagang dengan jumlah 35 orang. Pendapatan yang diperoleh per bulan rata-rata yakni Rp.500.000 sampai Rp.599.900. Budaya yang ada di Desa Sendangharjo yang dilaksanakan di objek wisata Kayangan Api dapat dikembangkan dan diperkenalkan sebagai salah satu budaya khas daerah Kabupaten Bojonegoro.


Teks Penuh: DOC PDF