SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis SWOT Untuk Pengembangan Objek Wisata Pemandian Tasnan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso

Nailul Insani

Abstrak


ABSTRAK

 

Insani, Nailul. 2013. Analisis SWOT Untuk Pengembangan Objek Wisata Pemandian Tasnan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Komang Astina, M.S, P.hD (2) Purwanto, S.Pd, M.Si

 

Kata kunci : objek wisata, pengembangan, faktor fisik geografis, faktor sosial geografis, analisis SWOT

 

Kabupaten Bondowoso adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak potensi wisata. Kabupaten Bondowoso tidak dilalui jalan negara dan tidak berbatasan dengan laut, sehingga sektor pariwisata yang ada sulit berkembang. Secara umum permasalahan yang dihadapi beberapa objek wisata memiliki kesamaan yaitu jumlah pengunjung yang menurun dan fasilitas objek wisata yang kurang terawat. Objek Wisata Pemandian Tasnan adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Bondowoso yang perlu dikembangkan. Pengembangan objek wisata perlu dilakukan agar mampu bersaing dengan objek wisata lain. Potensi daerah yang cukup besar ini seharusnya dapat dikelola dan dikembangkan dengan strategi yang sesuai dengan keragaman faktor internal dan eksternal yang dimiliki.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kondisi fisik geografisdalam mendukung usaha pengembangan Pemandian Tasnan, (2) mendeskripsikan kondisi sosial geografis dalam mendukung usaha pengembangan Pemandian Tasnan, dan (3) mengetahui hasil analisis SWOT untuk rekomendasi pengembangan Objek Wisata.

Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terbagi dalam tiga tahapan, yaitu observasi awal, pengumpulan data, dan analisis data. Analisis data menggunakan model IFAS (Internal Factors Aalysis Strategic) dan EFAS (Eksternal Factors Aalysis Strategic)kemudian dilanjutkan dengan Matriks SWOT.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) kondisi fisik geografis sangat sesuai dan mendukung untuk pengembangan Pemandian, (2) kondisi sosial geografis sangat sesuai dan mendukung untuk pengembangan Pemandian (3) berdasarkan analisis SWOT posisi Objek Wisata Pemadian Tasnan berada pada Kuadran I Tumbuh dan Bina (konsentrasi melalui integrasi vertikal). Rekomendasi pengembangan yang sesuai untuk Objek Wisata Pemandian Tasnan Adalah Ekowisata.