SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang

Toni Setya Budi

Abstrak


ABSTRAK

 

Budi, Toni Setya. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis  Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si, (II) Drs. Yusuf Suharto

 

Kata Kunci: model pembelajaran IOC, TSTS, kemampuan berpikir kritis.

 

Model inside-outside circle (IOC) merupakan alternatif untuk mencipta-kan situasi dan kondisi belajar yang menyenangkan, saling bekerjasama, bermakna, serta pembelajaran yang dirancang untuk lebih bevariasi. Penerapan model inside-outside circle (IOC) dalam geografi dapat menanamkan keterampilan siswa untuk melakukan pengamatan, bekerjasama, berpikir kritis siswa, dan mengembangkan sikap sosial siswa dengan cara saling berbagi informasi. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran inside-outside circle (IOC)  terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang.

Jenis penelitian ini berupa penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan menggunakan dua kelompok yaitu, kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes yang berupa pretest dan posttest yang selanjutnya selisih antara pretest dan posttest (gain score) ini digunakan untuk pengujian hipotesis. Analisis data menggunakan uji t dengan uji statistik Independent Sampel Test dengan bantuan SPSS for Windows.

Berdasarkan hasil analisis data kelas eksperimen memiliki gain score sebesar 30,02 dan untuk kelas kontrol sebesar 8,93. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dapat dilihat dari hasil uji t. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model IOC memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 5 Malang.